DPC Partai Demokrat Aceh Tamiang Gelar Pendidikan Politik Terhadap Kadernya.

Aceh Tamiang | Guna meningkatkan kapasitas para kader, DPC Demokrat Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Pendidikan Politik Partai Demokrat yang dilaksanakan bertempat di kantor Demokrat stempat, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, Senin, (8/11).

Pendidikan politik kepada kader partai merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua partai politik. Terlebih hari ini Partai Demokrat menggelar bimbingan dan pembekalan Kader bertajuk, " Peran Partai Demokrat Dalam Pendidikan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19.

Hal itu telah diatur dalam undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik mengamanatkan kepada semua partai politik untuk melaksanakan pendidikan politik dalam rangka mempersiapkan kader-kader berkualitas yang memiliki integritas, tanggung jawab dan loyalitas serta  mampu berfungsi dengan baik di tengah perjuangan politik. 

Pendidikan politik yang dilakukan Partai Demokrat Kabupaten Aceh Tamiang dalam membentuk kader partainya yakni melalui pemantapan pemahaman dan pendidikan bagi Kader.

Peran pendidikan politik dalam membentuk kader partai di DPC Demokrat Kabupaten Aceh Tamiang sangat berperan secara signifikan, keberhasilan dari pendidikan politik tersebut dilihat dari tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai Demokrat.

Ketua DPC Partai Demokrat Aceh Tamiang yang juga sebagai anggota DPRA, Nora Idah Nita, SE didampingi Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada para pengurus Partai Demokrat sehingga kegiatan pendidikan politik bagi para kader ini dapat dilaksanakan.

Terima Kasih pula disampaikan kepada  Kaban Kesbangpol Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STp. M.Si dan Komisioner KIP Divisi Teknis Adi Sartika sebagai pemateri/narasumber untuk memberikan arahannya kepada para Kader DPC Partai Demokrat Aceh Tamiang.

Kegiatan pendidikan politik merupakan wadah untuk mengisi kembali dan melakukan upaya penguatan kapasitas para kader partai Demokrat, ucap Nora.

Di sampaikanya, peran partai politik, sangat penting dalam melahirkan pemimpin baik ditingkat daerah maupun nasional. Negara memberikan kewenangan kepada partai politik untuk melahirkan pemimpin, baik melalui pileg, Pilkada maupun Pilpres, ungkap Nora.

Kader partai politik harus memahami arah, mekanis dan tujuan partai politik. Oleh sebab itu, pendidikan politik sangat penting dilakukan untuk menguatkan kapasitas para kader dalam memahami mekanisme pemilu dan pileg di 2024 mendatang serta menyamakan persepsi para kader terkait mekanisme dan tujuan partai, pungkas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Aceh Tamiang, Nora Idah Nita, SE.

Sementara itu, Komisioner KIP Divisi Teknis Adi Sartika, menyampaikan terkait rencana tahapan Pemilu serentak yakni pemilu tahun 2024 yang telah disiapkan oleh KPU pusat. Namun tahapan Pemilu tersebut belum final ditetapkan.

Selain itu, Adi Sartika juga menerangkan terkait verivikasi faktual parpol hingga pengrekrutan KPPS dan berkemungkinan akan adanya perubahan Daerah pemilihan (Dapil) jika bertambahnya jumlah penduduk di Kabupaten Aceh Tamiang.

Ditambahkannya, sejauh ini untuk Pemilihan Legealatif (Pileg) KPU masih mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mengacu Kepada undang-undang nomor 10 tahun 2016, terangnya.


Laporan| pakar

Komentar

Berita Terkini