BPBD Aceh Tamiang Melakukan Penanaman Pohon Berakar Kuat Di Tebing Sungai

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Guna mengantisipasi bencana tanah longsor susulan di sekitar kawasan sungai desa Rantau Pakam Kecamatan Bendahara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan penanaman pohon berakar kuat.

Penanaman pohon berakar kuat jenis trembesi tersebut dilakukan oleh Kepala Pelaksana BPBD serta sejumlah personil BPBD dan SAR Aceh Tamiang di tebing sungai desa Rantau Pakam.

Ini merupakan inisiatif sendiri untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan akibat luapan air sungai, Kata Kalak BPBD, Syahri SP saat ditemui harianfikiransumut.com di lokasi, pada Sabtu, 3 April 2021.

Disebutkan, hari ini saya bersama sejumlah personil BPBD dan SAR Aceh Tamiang melakukan penanaman pohon yang memiliki akar kuat di daerah aliran sungai, diantaranya pohon trembesi, batang gelaga  dan pohon bambu.

Dijelaskan, memang jumlah pohon yang ditanam tidak begitu banyak, namun ini langkah awal untuk mensosialisasikan agar masyarakat peduli lingkungan, terlebih saat terjadinya banjir akibat tingginya curah hujan, sebutnya.

Syahri mengatakan, bahwa menanam pohon berakar kuat bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah tanah longsor. Jadi mari sama-sama peduli lingkungan dengan melakukan penanaman pohon berakar kuat, imbaunya.

Saya merasa prihatin sekali melihat kondisi pemukiman masyarakat di kala banjir terjadi beberapa waktu lalu yang  merendam ratusan rumah warga di Desa Rantau pakam, ucap Syahri.

Pantauan di lapangan, penanaman pohon berakar kuat tersebut dilakukan oleh BPBD dan SAR Aceh Tamiang di pinggir sungai tepatnya di lokasi jebolnya tanggul akibat luapan air sungai berupa pohon trembesi dan bambu di lokasi longsornya talud  desa Rantau Pakam.


Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini