Jadikan Kearifan Lokal Sebagai Tujuan Wisata di Kepulauan Meranti

harianfikiransumut.com - Selat Panjang : Kepulauan Meranti mempunyai daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan, juga mempunyai kearifan lokal yang luar biasa terdapat di kabupaten termuda di Riau ini.

Sebagaimana diungkapkan oleh tokoh muda Kepulauan Meranti Sopandi, ini perlu disikapi bersama bahwa, bagaimana kearifan lokal di kabupaten termuda di provinsi Riau itu bisa sebagai pemicu ekonomi desa.
"Saya lihat disetiap kecamatan atau desa mempunyai potensi tersendiri untuk dijadikan ekonomi masyarakat melalui pariwisata, yang penting motor penggerak adalah pemuda desa yang mampu menjadikan desanya berpotensi," ungkap Sopandi, Kamis (5/9/2019).

Kata Sopandi pula, memang di Kepulauan Meranti ini tidak mempunyai danau yang indah, pantai berpasir, atau pegunungan yang menawan, tapi punya potensi kearifan lokal baik sungai, tasik, makanan, bahkan adat istiadat masyarakat yang mampu menarik wisatawan.
"Hal ini perlu didorong dengan peraturan daerah yang mengikat desa wisata untuk menarik dana atau bantuan pemerintah pusat disetiap destinasi wisata yang ada di Kepulauan Meranti," tutur ketua pokdarwis Bathin Galang.(Syaban)
Komentar

Berita Terkini