|

Upaya Terapkan e-planning dan e-budgeting,Pemkab Sergai Studi Banding Ke Pemkab Langkat

harianfikiransumut.com - Stabat : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Langkat, dalam rangka studi banding, untuk menerapkan integrasi aplikasi e-planning dan e-budgeting, sudah diterapkan di Langkat.

Kunjungan tersebut diterima oleh Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH yang diwakili oleh Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Drs H Mulyono MSi, didampingi Kadis Kominfo H Syahmadi S.Sos MSP dan Sekdis Kominfo Wahyudiharto S.STP, Kepala Bapenda Dra Muliani S, serta Sekdis Bapenda, Kabag Perekonomian, Sekretaris BPKAD dan sejumlah pejabat eselon Pemkab Langkat lainnya, di Ruang Langkat Command Center (LCC) Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (4/2).

Rombongan Pemkab Sergai dipimpin oleh Asisiten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Ir H Kaharudin MM dengan didampingi Kabag Ekbang Syariful Ashar beserta  sejumlah pejabat eselon dari Dinas PUPR, Dinas Kominfo, BPKA, Bagian Perekomomian dengan jumlah rombongan 18 orang.

Ir H Kaharudin dikesempatan tersebut, mengatakan, pihaknya ingin berdiskusi, bertukar dan berbagai informasi, serta ingin melihat dan mempelajari atas integrasi e-planning dan e-budgeting yang sudah dilakukan Langkat, selama ini.

“Sebab terintegrasinya sistem perencanaan dan keuangan online, merupakan salah satu parameter utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan transparan serta cepat,”sebutnya.

Mulyono, menjelaskan, untuk dapat menerapkan aplikasi e-planning dan e-budgeting, harus memiliki Command Center sebagai pusat komando, selain itu juga harus terus menerus berdikusi dan shering dengan daerah yang telah terlebih dulu menerapkannya.

 “Guna  mengetahui proses pelaksanaanya dengan baik,”terangnya.

Selain itu, Mulyono, mengatakan bahwa moment ini selain dapat menguatkan tali silaturahmi, juga dapat menjalin kerjasama untuk saling berkordinasi, untuk memajukan dunia  birokrasi, di era digital Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Pada  daerahnya masing-masing, sehingga kemafaatannya dapat dirasakan masyarakat luas, serta dapat mewujudkan rencana aksi pencegahan korupsi,”ujarnya. 

Selanjutnya Kadis Kominfo memaparkan,  tentang LCC dan integrasi aplikasi yang sudah berjalan di dalamnya, sebagai pusat komando terkait pelaksanaan e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Di akhir acara kedua instansi saling bertukar cenderamata, berupa plakat daerah masing-masing, sebagai tanda persahabatan.(Belly)
Komentar

Berita Terkini