LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Bersama Kelompok Tani, Terbit Rencana Panen Raya

Selasa, 26 Februari 2019 | 01.06 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com : Langkat : Bupati Langkat Terbit Rencana PA melaksanakan panen raya bersama para petani, saat menghadiri acara Pesta Panen (Kerja Rani), di Balai Seni Dusun III Batu Minjah, Desa Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat,  Minggu (24/2).

Bupati Langkat, pada bimbingan dan arahannya,  atas nama pribadi dan pemerintah,  mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat,  khususnya masyarakat petani di Kabupaten Langkat,  yang telah turut membantu program pemerintah dalam menguatkan ketahanan pangan ditahan air,  khususnya di Langkat.

"Sehingga melalu semangat dan kerja keras petani  maupun kelompok tani serta pihak terkait,  Langkat  menjadi salah satu lumbung pangan di Provinsi Sumut,sebutnya.

Untuk menjaga lumbung pangan itu,  Bupati Langkat,  menekankan agar praktik ahli fungsi lahan pertanian menjadi perkebunan ataupun pemukiman,  sedapat mungkin dihindarkan,  sebab jika dibiarkan,  akan membuat lahan pertanian di Langkat semakin sempit,  yang berdampak pada berkurangnya pasokan beras.

"Jika hal ini terjadi, dapat memungkinkan mengundang bahaya kelaparan, untuk itu mari kita bersama menjaganya, "tegasnya.

Selanjutnya, Terbit Rencana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari budaya para leluhur terdahulu,  yang harus terus di lestarikan,  sebab kegiatan ini selain  wujud rasa syukur kepada Allah SWT,  atas keberhasilan yang dicapai.  Juga merupakan kesempatan untuk saling mengenal dan menguatkan hubungan sosial.

"Sehingga terpeliharanya rasa persatuan dan kesatuan diantara kita semua, " ujarnya.

Sembari mengharapkan, kegiatan ini benar-benar dapat membangun suasana keakraban,  kekeluargaan dan kekompakan diantara sesama masyarakat, maupun jalinan silaturahmi dengan para pemimpin di masing-masing tingkatkan yang ada di Kabupaten Langkat.

Pada kesempatan itu, Bupati memberikan bantuan beni ikan 40.000 ekor kepada para petani Dusun III Batu Minjah, Desa Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  Langkat, Nasiruddin SP, mengucapkan selamat kepada masyarakat Dusun III Batu Menjah Desa Namu Ukur Utara,  khususnya kepada kelompok tani, atas pesta dan sykuran panen raya (kerja rani) pada musim tanam ini.

 “semoga  pada musim tanam berikutnya produksi panennya lebih meningkat,”sebutnya.

 Selanjutnya, Nasiruddin, menerangkan, Kabupaten  Langkat dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat, telah melaksanakan berbagai upaya, dengan membangun infrastuktur bidang pertanian, menerapkan teknologi usaha tani, mengembangkan usaha  agribisnis, dan meningkatkan sumber daya manusia baik petani dan petugas melalui pelatihan dan penyuluhan.

“Dengan upaya tersebut Langkat berhasil mempertahankan swasembada beras, kondisi ini dapat dilihat berdasarkan data statistik pertanian tahun 2018, produksi beras mencapai 359.804 ton dan surplus beras sebesar 224.947 ton (167%).Semoga prestasi ini lebih memotivasi kita semua untuk mengembangkan ketahanan pangan pada musim - musim  tanam berikutnya,”paparnya.

Nasirudduin kembali menerangkan, bahwa pada tahun 2018 Kementrian Pertanian RI telah mencanangkan program Luas Tambah Tanan (LTT), sebagai salah satu strategi pembangunan dalam rangka peningkatan produksi bahan pangan khususnya padi, dengan melakukan aplikasi  teknologi, standing crop,   yaitu memaksimalkan lahan sawah dengan tiga kali bertanam dalam satu tahun juga dikenal dengan istilah Instensitas Pertanaman (IP=3).

“Untuk realisasi pertanian padi di Langkat tahun 2018 ini, ditarget seluas 80.796 hektar telah terealisasi seluas 101.394 hektar atau 125 persen,”jelasnya.

Ketua panitia acara, Benyemain Ginting, mengucapkan terimkasih kepada Bupati Langkat beserta rombongan, yang telah menyempatkan diri untuk hadir, pada acara tahunan ini. Semoga hal ini  dapat menjadikan semangat dan motivasi untuk kelompok tani, lebih gigi dalam bercocok tanam.

“Kami juga selalu mengharapkan arahan dan bimbingan dari Bupati Langkat, melalui Dinas pertanian, untuk meningkatkan hasil panen disetiap tahunnya,”harapnya.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM,  para pejabat teras Pemkab Langkat,  unsur Forkopimda Langkat,  unsur Forkopim Kecamatan Sei Bingai,  para tokoh agama/masyarakat/ pemuda,  para petani dan kelompok tani Sei Bingai dan hadirin lainnya.(Belly)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru