DPP (GRIB) GERAKAN INDONESIA BERSIH ,MEMUTUS RANTAI CALEG DARI DINASTY POLITIK DI DELI SERDANG

hariangikiransumut.com - Deli Serdang : Direktur Executif Gerakan Indonesia Bersih Romi Makmur Rangkuti mengatakan Bahwa REGENERASI koruptor telah terjadi. Tidak sedikit koruptor yang terbilang masih berusia muda. Mereka baru mulai meniti karier politik, kemudian terjun bebas dalam kubangan lumpur korupsi. Korupsi juga masuk ke keluarga; suami, istri, anak, dan menantu bersama-sama meringkuk di balik jeruji bui.

Harus tegas dikatakan bahwa regenerasi koruptor terjadi pada banyak dinasti politik di Daerah daerah, Khusus nya di Kab. Deli serdang provinsi Sumatera utara. Korupsi dilakukan mereka yang masih memiliki ikatan kekerabatan/persaudaraan. Sudah terlalu panjang daftar regenerasi korupsi dinasti politik terjadi. Sudah banyak pula upaya yang ditempuh untuk memutus mata rantai korupsi.

Dimulai dari upaya mengoptimalkan sanksi untuk menciptakan efek jera sampai penjatuhan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik. Upaya lain mencegah regenerasi korupsi dilakukan lewat regulasi.

Romi menambahkan Harapan terakhir untuk memutus mata rantai regenerasi Caleg dari dinasti politik berada di pundak partai politik dan masyarakat Deli serdang itu sendiri selaku pemilik suara.

Partai politik juga berperan besar dalam rekrutmen Caleg. Karena itu, hendaknya partai politik tidak ikut melanggengkan kekuasaan Caleg dari dinasti politik.

Elok nian bila partai politik tidak mencalonkan Calon Legislatip yang memiliki konflik kepentingan yang Berubungan Dg Dinasty politik  di kab.Deli serdang provinsi Sumatera utara. Bukankah Kekuatan Dinasty Politikmempunyai akses terhadap kebijakan dan akses terhadap alokasi anggaran sehingga dapat memberikan keuntungan pribadi untuk memenangi pencalonan Calon Legislatip dari Dinasty politik Di kabupaten Deli serdang .

Inilah potensi korupsi dinasti politik yang bisa dicegah partai politik. Calon Legislatip yang diusung partai politik hendaknya mereka yang memiliki rekam jejak yang baik. Janganlah sekali-kali mencalonkan mereka yang pernah terlibat dalam kasus korupsi kendati dibolehkan peraturan perundang-undangan.

Benteng terakhir memutus mata rantai regenerasi korupsi dinasti politik ada di tangan masyarakat yang memiliki hak pilih. Cerdas dalam memilih  Caleg, misalnya. Pemilih mesti membuka mata lebar-lebar untuk melihat rekam jejak caleg yang diusung partai politik.

Pemilih yang bijak tentu tidak memberikan toleransi seujung kuku pun untuk calon Legislatif dari  dinasti politik yang ada di kabupaten Deli serdang yg kita cintai ini, apalagi yang pernah terlibat korupsi.

Saatnya pemilik suara berpartisipasi mencegah perilaku penggarong uang negara yang makin Menggila.(Romi)
Komentar

Berita Terkini