Wacana Pembentukan Kabupaten Deli Digulirkan

harianfikiransumut.com | Deli Serdang - Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan diminta segera mengeluarkan rekomendasi persetujuan pembentukan Kabupaten Deli yang merupakan pemekaran Kabupaten Deli Serdang, untuk menyahuti aspirasi masyarakat di 10 kecamatan yang sudah lama merindukan lahirnya daerah otonomi baru.

" Kita minta Bupati Deli Serdang di akhir periodenya ada buah tangan untuk masyarakat di 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Deli, karena usulan pemekaran ini sudah berlangsung lama," kata Toni Togatorop, mantan anggota DPRD Sumut kepada wartawan, Rabu (3/5).

Menurut Toni, pemekaran wilayah ini tujuannya untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebab Deli Serdang yang saat memiliki 22 kecamatan dengan luas wilayah yang sangat berjauhan, dianggap kurang merata dalam hal pembagian "kue" pembangunan.

" Sudah sangat wajar, 10 kecamatan di Deli Serdang menghendaki pemekaran, karena mungkin saja merasa diabaikan dalam segi pembangunan, sehingga sudah seharusnya Bupati Deli Serdang mengakomodir kepentingan rakyat, dengan secepatnya mengeluarkan rekomendasi persetujuan pembentukan Kabupaten Deli, " tegas Toni.

Toni yang kini sebagai Ketua DPD Assosiasi Petani dan Pedagang (Aspatan) Sumut itu mengingatkan seluruh pemangku kepentingan jangan ada yang menghalangi pemekaran, karena sama saja dengan menghambat aspirasi rakyat, sebab pemekaran merupakan amanah undang-undang yang harus direalisasikan.

" Para kepala daerah harus memahami, bahwa tujuan pemekaran untuk peningkatan pembangunan diberbagai sektor sekaligus memperpendek rentang kendali urusan pemerintahan, " tandas Toni sembari menegaskan, pemekaran daerah bukan untuk kepentingan bagi-bagi kekuasaan, tapi untuk memakmurkan rakyat.

Berkaitan dengan itu, Toni mengajak panitia pemrakarsa pembentukan Kabupaten Deli bersama tokoh masyarakat, ulama, partai politik, pemuda dan berbagai elemen lainnya untuk segera menyatukan kekuatan meminta Bupati Deli Serdang segera menyetujui pembentukan Kabupaten Deli sebelum Pemilu 2024 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan mantan anggota DPRD Sumut menanggapi aspirasi Panitia Pembentukan Kabupaten Deli yang meminta Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, ikut mendorong Bupati Deli Serdang, agar merealisasikan pembentukan Kabupaten Deli, Selasa (2/5) di DPRD Sumut.

Adapun 10 kecamatan yang sudah ikut bergabung ke Kabupaten Deli, masing-masing, Kecamatan Sunggal, Kutalimbaru, Pancurbatu, Sibolangit, Sibirubiru, Namorambe, Delitua, Patumbak, STM Hulu dan STM Hilir.

" Satu kecamatan lagi, mau ikut bergabung, seperti Kecamatan Gunung Meriah, karena dari 10 kecamatan (ditambah satu lagi yang akan bergabung), sangat menginginkan adanya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, " ujar Ketua Harian Pembentukan Kabupaten Deli Sabar Bangun saat beradiensi dengan Baskami Ginting. (Rom)
Komentar

Berita Terkini