Polres Meranti Gelar Apel Pengecekan dan Kesiapan Personel Program Polisi RW

harianfikiransumut.com | Meranti - Polres Kepulauan Meranti, Polda Riau, Rabu (31/5/2023) pagi, bertempat di halaman Makopolres, melaksanakan apel kesiapan personel dalam rangka program polisi RW.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH tersebut, diawali dengan penyerahan Botton Sticks untuk perlengkapan para personel secara simbolis.

Ikut hadir, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, para Kabag, Pju dan Kapolsek jajaran, serta 243 Polisi RW.

Dalam arahannya, Andi Yul menyampaikan bahwa Polisi RW akan di launching di bulan Juni.

Dimana, program ini tidak mengurangi tugas pokok dan fungsi masing-masing personel, terutama Bhabinkamtibmas.

"Sesuai dengan ketentuan dari Kapolri, ini adalah proram unggulan untuk mendekatkan diri kita dengan masyarakat, hingga ditingkat RW," jelasnya.

Kapolres juga membeberkan tugas pokok Polisi RW diantaranya adalah melakukan interaksi yang konsisten untuk membangun kedekatan dengan masyarakat. Mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah, keresahanan, keinginan, harapan dan permasalahan di tingkat RW serta memberikan solusi.

"Disamping itu, Polisi RW juga bertugas melakukan scanning terhadap kerawanan di wilayah RW setempat dan bersama warga memecahkan masalah dimana tingkat permasalahannya relatif kecil. Dan, wajib melaporkan serta menindaklanjuti permasalahan, saran, masukan dari masyarakat," tutur Andi Yul.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan seluruh jajaran agar tidak melakukan pelanggaran apapun bentuknya dalam melaksanakan tugas.

"Kita sudah berkomitmen akan melakukan penindakan kepada rekan-rekan semua jika terjadinya pelanggaran disiplin maupun kode etik," tegasnya mengingatkan personel. (Deki)
Komentar

Berita Terkini