Puskesmas Karang Baru Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Di Bulan Ramadhan 1444 H.

Keterangan Foto : Kepala UPT Puskesmas Karang Baru, Ns. Apal Azmi S.KM

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Meskipun di bulan Ramadhan 1444 H, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang tetap memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Karang Baru, Ns. Apal Azmi S.KM dikonfirmasi harianfikiransumut.com di ruang kerjanya, sekira pukul 11.30 Wib, Senin (27/3/2023) mengatakan, untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya yang mencakup 18 desa akan terus dimaksimalkan  tanpa terkecuali, meskipun jauh dari jangkauan.

Dijelaskannya, untuk pelayanan kesehatan masyarakat pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Refreshing Kader Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat(UKBM) seperti kegiatan posyandu dan sebagainya. 

Kemudian, kegiatan triple imunisasi bagi ibu hamil (bumil), program imunisasi BIAS dan BIAN bagi anak Sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), mudah-mudahan melalui kegiatan tersebut, masyarakat bisa  mendapat pelayanan kesehatan yang lebih maksimal lagi, kata Ns. Apal.

Tidak hanya itu, Ia juga meminta seluruh staf dan aparatur sipil negara (ASN) di jajarannya, agar tidak menjadikan puasa Ramadhan sebagai alasan kurangnya kedisplinan dalam bekerja, jalankan tugas dengan profesional, serta menyesuaikan jam kerja, sebut Apal sembari mengatakan selama bulan Ramadhan, seluruh Staf dan ASN nya masuk kerja pada pukul 08.15 WIB dan diperbolehkan pulang pada pukul 15.00 Wib.

Selain itu, kata Ns. Apal, dalam menerapkan surat edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, nomor: 061/356/2023 Tentang penyelenggaraan pelaksanaan kegiatan pada UPTD Puskesmas agar dapat meningkatkan kedisiplinan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Masyarakat, maka dihimbau kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang agar dapat:

1. Melaksanakan Kegiatan Apel pada setiap hari Senin.
2 Melaksanakan kegiatan Pengajian Rutin setiap hari Kamis.
3. Melaksanakan kegiatan Senam Sehat.
4. Melaksanakan Kegiatan Rutin Puskesmas Bersih.
5. Seluruh Bidan yang bertugas di desa wajib tinggal di desa.

Berdasarkan dengan pemberitahuan tersebut, maka “Tugas-tugas kita harus tetap dijaga, puasa tidak boleh menjadi alasan untuk mengurangi semangat kinerja kita,” ucap Apal

Ditambahkannya, selain memperoleh pahala ibadah puasa, agar seluruh jajarannya dapat melakukan penyesuaian pola makan dan tidur selama bulan Ramadhan untuk menyiasati beban kerja di siang hari.

Kemudian tetap menjujung tinggi profesionalitas dalam bekerja. Bekerjalah semaksimal mungkin guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mencapai visi dan misi pemerintah daerah, Jika kita ikhlas dalam menjalankan tugas, maka semuanya akan terasa baik,” ungkap Ns. Apal Azmi mengakhiri. (Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini