Wartawan Harus Pegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

harianfikiransumut.com | Lampung Selatan - Mungkin sudah banyak yang mengenal sosok SOBKI RONI SH.beliau adalah  mantan media faktual Tahun,2010 di Kabupaten lampung selatan,Jurnalis yang biasa bergaul dan berkomunikasi pasti mengenal pria paruh baya yang satu ini. 

Kabupaten lampung selatan Secara pribadi meski sudah mengenal sosok ini sebelumnya namun saya hanya sebatas tahu bahwa beliau adalah salah satu wartawan yang cukup senior, cukup disegani di kalangan jurnalis baik di Kabupaten lampung selatan maupun di provinsi, meski sudah sering melakukan komunikasi. Bertemu dan berbicara dengan sosok yang blak-blakan ini menjadi satu pengalaman yang cukup mengasyikan.

Pengalaman pertama menjadi seorang jurnalis di media Faktual Cukup terkenal di kabupaten lampung selatan. 

Hasil pantauan media tergetipikorr com-Jika belum mengenal pria yang satu ini, orang segan untuk mendekatinya, namun ternyata orangnya ramah, suka senyum, bicaranya blak-blakan dan suka bergurau hingga wajar dirinya disukai banyak kalangan, baik jurnalis, ormas, LSM, masyarakat biasa, politisi, pejabat pemerintah, polisi/TNI dan pengusaha,Sabtu 10/12/2022

Saat di Temui dikediamnya dirinya mengatakan"suka dukanya menjadi seorang wartawan. Semua dilakukan dengan penuh kesabaran, karena tuntutan profesi yang dilakoninya.

Dan perlu diketahui bahwa menjadi wartawan sudah hampir 8 tahun dilaluinya, bukan waktu yang pendek dari sebuah profesi yang ditekuninya.

Menurut dia, menjadi wartawan itu harus bisa menulis berita. Keterampilan itu bisa diperoleh dari belajar atau kuliah. Tetapi kalau sudah di lapangan, harus pandai bergaul.

"Membangun jaringan dan memelihara silaturahmi itu penting. Minimal hubungan menjadi baik. Manfaat lain, mempermudah untuk mendapatkan bahan berita," Jelasnya.

Dirinya berharap seluruh pengurus dan anggota ikatan wartawan onlene IWO indonesia"Kebetulan saat ini dirinya ditunjuk selaku Bidang Advokasi dan Hukum.Dari ikatan Wartawan onlene IWO indonesia harapnya organisasi Pers yang menjembatan informasi kepada rakyat diseluruh pelosok indonesia, kerenanya, insan pres harus menjunjung tinggi kode etik,kaidah jurnalistik serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan pres

Saya ditunjuk selaku Bidang Advokasi dan Hukum  DPD ikatan wartawan onlene IWO indonesia menyambut baik hadirnya IWO indonesia di kabupaten lampung selatan,yang semoga saja kedepan dapat mampu menjadi wadah para wartawan dalam meningkatkan SDM"Tambanya.
Ikatan wartawan onlene IWO indonesia harapnya wartawan harus yakin apa yang ditulis adalah benar. Hendaknya dalam membuat berita berimbang dan memegang teguh kode etik jurnalistk.

Ibarat mengayuh di antara dua karang,artinya di zaman hoax sekarang gampang tergelincir,maka diperlukan kehati-hatian.tetapi wartawan nggak usah khawatir,kerena semua ada aturan mainya.

Tak kalah pentingnya,wartawan harus selalu menjaga integitas dalam mejalankan tugas-tugas jurnalistik sehingga beritanya komprehensif  dan proporsional.

Peran besar wartwan sebagai pengumpulan dan pengelola informasi tentu saja sangat berarti bagi masyarakat juga berhak mengawasi,menilai dan bahkan mengkritis kinarja wartawan agar apa yang disajikan oleh wartawan adalah sesuatu yang benar berkualitas dan  prinsip jurnalisme yang wajib dipahami oleh publik dan harus dilakukan oleh seorang wartawan"Teganya

Tuntutan profesionalisme yang tinggi pada diri wartawan akan menimbulkan pada dirinya sikap menghormati martabat setiap individu dan hak-hak pribadi warga masyrakat yang diliputnya.

Demikian pula sebaliknya,seorang wartawan akan dapat menjaga martabatnya sendiri karena hanya dengan cara itu ia akan mendapat kepercayaan masyarakat dalam menjalakan tugasnya sebagai wartwan perlu memiliki kedewassan pandangan dan kematangan pikiran.wartawan harus memiliki landasan unsur-unsur yang sehat tentang etika dan rasa tanggung jawab atas perkembangan budaya masyarakat di mana wartawan itu bekerja"Pungkasya.

Ketua DPD ikantan wartawan onlene IWO indonesia,Hari Prasetyo Wibowo, saat dikompirmasi lewat telpon Ia sangat mendukung apa yang di katakan selaku Bidang Advokasi dan Hukum,DPD ikatan wartawan onlene IWO indonesia.

Ikatan wartwan onlene IWO indonesia pada hari jumat bulan Desember tanggal 9/12/2022,kepala kesbangpol kabupaten lampung selatan sesuai penyerahan surat keterang terlapor(SKT),Insak Alloh pada hari senen,(12/12/2022),ikatan wartawan onlene IWO indonesia sudah dapat Surat keterangan terdaptar(SKT),demi kelacaran aktifitas yang bernaung dibawah ikatan wartawan onlene IWO indonesia"Tutupnya.(Suradi).
Komentar

Berita Terkini