Stand Dinas Koperasi dan UMKM Tampil Meriahkan HUT Ke-66 Kabupaten Lampung Selatan

harianfikiransumut.com | Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu stand yang menarik yang harus dikunjungi oleh para penikmat kuliner dan kerajinan lokal yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Stand yang membuka gerainya di Lapangan Kalianda Expo Lampung Selatan ini dalam rangka meramaikan kegiatan Lampung Selatan Fest dalam kegiatan HUT Lampung Selatan Ke-66.

Ada ± 300 UMKM yang dilibatkan oleh dinas Koperasi dan UMKM yang terdiri dari berbagai produk kering seperti keripik pisang dengan berbagai rasa dan merek, Kopi Krakatau, Kopi Dano serta beberapa produk unggulan seperti Kapsul Kelor, Teh Kelor, Jahe Merah Mix Purwoceng dan Jahe Merah Mix Manjakani.

Selain itu juga ada berbagai produk kerajinan tangan seperti Kain Tapis dan Peci Tapis, Sulam Usus, Kain Ecoprinting, Gerabah, Tukhus serta kerajinan lainnya.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan Aryantoni menjelaskan, produk Jahe Merah mix Purwoceng (khusus Pria) dan Jahe merah mix manjakani (khusus wanita) menjadi produk olahan unggulan yang berasal dari tanaman obat keluarga (Toga) yang memiliki banyak khasiat.

” Jahe merah mix Manjakani memiliki komposisi empot-empot, kayu rapet, manjakani, pinang muda, daun sirih dan gula aren sedangkan Jahe Merah mix Purwoceng memiliki manfaat meningkatkan stamina, menghilangkan nyeri, meningkatkan kesehatan jantung serta melancarkan peredaran darah,”jelasnya.

“Daun purwoceng sendiri diperoleh dari dataran gunung Dieng Jawa Tengah dibawa dan diolah oleh Komala Sari Warga Desa Pisang Kecamatan Penengahan,”tambahnya.

“Kapsul Kelor dan Teh Kelor juga memiliki banyak manfaat yang salah satunya ialah dapat menjaga kadar gula dalam darah serta menghindari dari penyakit diabetes, “imbuhnya.
Ditempat terpisah, ada juga pedagang minuman berbahan dasar mangga yang dinamai “Manggo Thai Bang Joo” yang dilengkapi dengan topping jelly, buah mangga asli, krim serta susu.

Selain itu minuman ini juga memiliki varian harga dan ukuran seperti cup kecil miliki harga 10rb, Sedang 15rb serta cup besar 20rb.Manggo Thai Bang Joo ini biasanya berjualan di Lapangan Pemda Lampung Selatan (Lapangan Korpri) setiap sore hari juga dilengkapi dengan berbagai makanan olahan rumah seperti salad buah, bubur kacang hijau, kelapa tart serta bolu dengan topping pisang dan tape singkong.

Tidak hanya stand Koperasi dan UMKM serta Manggo Thai Bang Joo saja, dievent Lampung Selatan Fest juga banyak jajanan street food lainnya yang hadir disana dan patut untuk dicoba.

Maka para pengunjung harus datang dan mencicipi langsung makanan yang ada baik produk UMKM atau usaha pedagang lainnya. Selamat Menikmati Berbagai Makanan di Lampung Selatan Fest.(Suradi)
Komentar

Berita Terkini