Ketua I DPRD Lamsel Hadiri Pembukaan Roadshow Bus KPK 2022

hariandikiransumut.com | Ketua 1 DPRD kabupaten Lampung Selatan Agus Sartono A.md menghadiri acara Pembukaan Roadshow Bus KPK 2022 “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di kabupaten lampung selatan mengapresiasi kegiatan tersebut serta terpilih salah satu kabupaten kota dari kunjungan tersebut setelah Metro dan Bandar Lampung

Hal tersebut menurut Agus Sartono A. Md sebagai upaya pemberantasan tindak pidana korupsi ruang lingkup kesepahaman dalam upaya pencegahan jadi tidak seperti yang kita ketahui bahka KPK tangkap serta OTT saja ucapnya

wakil ketua I DPRD Lampung Selatan menambahkan bahwa peran KPK dalam mewujudkan Indonesia bebas korupsi. Area yang menjadi fokus KPK adalah Korupsi terkait Sumber Daya Alam, Korupsi dalam Bisnis, Korupsi dalam Politik, Korupsi pada Penegakan Hukum, dan Korupsi pada Layanan Publik.

KPK membuat visi bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju, KPK menjalankan empat misi dalam mewujudkan visi tersebut, yakni mencegah terjadinya korupsi dengan perbaikan sistem, mencegah terjadinya korupsi dengan cara pendidikan, melakukan pemberantasan korupsi dengan cara penindakan, serta menjaga akuntabilitas dan profesionalitas kelembagaan.

Saat ini tambah Agus Sartono KPK juga menjalankan tiga strategi dalam pemberantasan korupsi. Pertama, melalui pendekatan pendidikan masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai masyarakat yang bebas dari budaya korupsi, dari adanya keinginan melakukan korupsi menjadi tidak ingin melakukan korupsi karena mengetahui bahaya korupsi.

Kedua adalah dengan pendekatan pencegahan melalui perbaikan sistem. “Dengan sistem yang baik, maka tidak ramah terhadap korupsi dan tidak ada celah maupun peluang untuk korupsi sehingga orang tidak bisa melakukan korupsi

Ketiga, yaitu melalui pendekatan penindakan tegas profesional dalam rangka penegakan hukum supaya setiap orang takut melakukan korupsi dan kalau masih terjadi korupsi maka harus mengembalikan seluruh kerugian negara dengan cara asset recovery dan perampasan harta milik para koruptor. Dengan ketiga strategi tersebut diharapkan pada suatu saat mimpi bersama ingin siap bebas dari korupsi dapat terwujud.

Kalau Indonesia bebas dari korupsi, maka Indonesia pasti akan sejahtera, pasti Indonesia akan cerdas, pasti Indonesia akan aman dan adil, dan pastinya lahirlah Indonesia membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia harap Agus Sartono saat kunjungan dilapangan Korpri kepada Tim Humas Sekretariat DPRD Lampung selatan. (Suradi).
Komentar

Berita Terkini