Kini Poktan Sepakat Bersama Kampung Alur Bemban Miliki Hand Traktor

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan terhadap rakyatnya secara menyeluruh masih terus dilaksnakan kepada kelompok-kelompok tani yang ada di setiap kabupaten/kota.

Seperti halnya, Kelompok Tani Sepakat Bersama yang di Ketuai oleh Bunyamin S.Sos.i berdomisili di dusun sepakat Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis, (4/8). mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa handtraktor.

Kelompok tani tersebut menerima bantuan alsintan berupa handtraktor berasal dari aspirasi anggota DPR --RI Fraksi Partai Demokrat dapil 2 yakni Muslim. SH. MM.

Penyerahan bantuan alsintan berupa handtraktor tersebut ditandai dengan pesijuk (tepung tawar) oleh Datok Penghulu Kampung Alur Bemban, Misnan, Anggota MAA Aceh Tamiang, Abdurahman Wahid, Babinsa Koramil/02 karang baru serta beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama di kampung itu.

Disela sela kegiatan, Ketua Kelompok Tani Sepakat Bersama, Bunyamin S.Sos.I mengucapkan terima kasihnya kepada Bang Muslim, SHI. MM, atas bantuan yang diberikan.

Bantuan ini sangat diharapkan dan dibutuhkan oleh petani untuk melakukan pengolahan lahan sebelum memasuki masa tanam padi.

Sebelumnya, para petani di kelompok sepakat bersama hanya mengandalkan secara manual dan tradisional untuk mengolah lahannya, Alhamdulillah, setelah bantuan ini tiba, peta dapat memanfaatkannya, kata Bunyamin.

Selanjutnya, Bang Muslim. SHI. MM, secara virtual mengucapkan terimakasih kepada seluruh para Petani, petani juga sebagai  penolong dalam kehidupan.

Manfaatkan handtraktor tersebut dengan baik dan secara maksimal untuk pengolahan lahan sawah, agar nantinya hasil produksi padi akan  terus bertambah, harap Bang Muslim sembari mengapresiasi kelompok tani sepakat bersama, karena masih melakukan adat istiadat daerah dan kearifan lokalnya. 

Kepala BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Karang Baru, Syarifah Fitriani, Amd turut memberikan dukungannya kepada kelompok tani sepakat bersama, agar bantuan yang telah diberikan dapat dirawat sehingga bisa menambah income kelompok tani dan harus mampu memanagenya sehingga kelompok tani sepakat bersama memiliki kas tersendiri, harapnya.

Dikesempatan yang sama, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karang Baru turut menggelar program Sekolah Lapang (SL) pada kelompok tani sepakat bersama sekaligus penyerahan pupuk organik cair dan benih padi varietas Inpari 32.
Komentar

Berita Terkini