Tim Penilai Kelurahan terbaik Se-Sumut Kunjungi Kel Beras Basah Pangkalan Susu

harianfikiransunut.com | Pangkalan Susu - Keberhasilan di tingkat kelurahan merupakan wujud entitas penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik. Hal itu di katakan Plt Bupati Langkat  H Syah Afandin SH dalam sambutan tertulisnya di bacakan oleh asisten Ekbangsos Drs H Hmansyah MIP saat menghadiri acara penilaian lomba kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 di Kantor Kelurahan Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu Kab Langkat, Selasa (19/7)

Dihadapan tim penilai kelurahan terbaik 2022 tingkat Sumut, Kadis Perindag Langkat, H Sukhyar Mulyamin MSi, Kadis PMP2TSP Edi Suratman SSos, Sekretaris BPBD, Sekertaris Disdukcatpil, Kabag Tapem Suriyanto S.Sos, Kabag Kesra H Syahrizal S.Sos MSi, Kabag Hukum Alimat Tarigan SH, Mewakili Kadis Kominfo Kabid IKP M Faisal SE MIkom, Camat Pangkalansusu T Syafrie Elza Hadi Prawira SSTP MAP, Forkopimcam Pangkalansusu, Lurah Beras Basah  Zulkarnain, Pengurus TP PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh Masyarakat, pemuka agama serta undangan lainnya.

Lebih lanjut di katakan, ”kegiatan lomba penilaian kelurahan  merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin, yang di arahkan pada kegiatan terpadu dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat di dalam pembangunan dengan menetapkan kebijakan baik dalam bentuk regulasi maupun program yang di arahkan untuk kepentingan masyarakat, “ujarnya.

Selama ini di Kelurahan Beras Basah beberapa program  sudah berjalan seperti kegiatan PKK yang meliputi pemeriksaan kesehatan anak, Lansia pada tiap bulannya, Kamtibmas di tiap lingkungan, begitu juga pemberdayaan kelembagaan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna, wisata Mangrove, pemanfaatan limbah batubara (PABA) serta terobosan-terobosan baru juga bentuk dari keberhasilan di tingkat kelurahan yang merupakan wujud entitas penyelenggara  pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat yang berkorelasi pada upaya percepatan pembangunan serta peningkatan ekonomi kemasyarakatan,” terangnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Kabid Kelembagaan Dinas PMD Provsu, Hardianto SSTP MAP  mengatakan , Penilaian kelurahan terbaik se-Sumut ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang di capai oleh masing-masing desa/ kelurahan. Dan penilaian ini juga merupakan motivasi untuk mendorong pembangunan serta pengembangan desa/kelurahan dalam memberdayakan masyarakat menuju kemandirian.

Sedangkan maksud penyelenggaraan penilaian desa/kelurahan adalah ” Untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil, evaluasi perkembangan sebuah desa /kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Dan selanjutnya hasil evaluasi ini akan menjadi formula tersendiri dalam berbagai program pembangunan di masa yang akan datang,” katanya.

Kelurahan Beras mengikuti lomba Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 menyusul keberhasilan menjadi Kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Langkat Tahun 2021.

Oleh karena itu, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH telah menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait di Langkat untuk memberikan pendampingan sekaligus memberikan bimbingan dan arahan agar nantinya Kelurahan Beras Basah ditetapkan menjadi pemenang pertama di tingkat Provinsi Sumatera Utara. (Ramlan.az
Komentar

Berita Terkini