Relawan PMI Aceh Tamiang Terima Pelatihan Fasilitator

harianrikiransumut.com | Aceh Tamiang -- Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti pelatihan fasilitator guna pencapaian pembangunan karakter.

Pelaksanaan pelatihan fasilitator tersebut berlangsung selama dua hari, terhitung sejak, Sabtu, 22 Januari 2022 hingga Minggu, 23 Januari 2022 bertempat di Markas PMI setempat. 

"Pelatihan fasilitator bagi relawan PMI bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia terhadap para relawan dalam pencapaian program-program PMI untuk membantu masyarakat.

Kemudian untuk Menciptakan Relawan PMI Aceh Tamiang menjadi Fasilitator PMR yang berkompeten, Meningkatkan Pemahaman Relawan tentang Pembinaan PMR serta Meningkatkan Komitmen Para Fasilitator PMR didalam Pengembangan Relawan PMR, kata Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane saat membuka Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR)

Ia menjelaskan, kehadiran relawan di lingkungan PMI merupakan garda terdepan dalam upaya pembinaan karakter generasi muda guna pencapaian program-program kerja PMI, sebutnya sembari mengatakan Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan Organisasi yang telah terakui dan berperan penting didalam Negara Republik Indonesia.

PMI juga telah mendapatkan Pengakuan dan Mandat Tugas Pokok PMI oleh Pemerintah Republik Indonesia,  berdasarkan KEPPRES No. 246 Tahun 1963 s/d Undang–Undang Kepalang Merahan No.1 Tahun 2018, kata Irwan Pane.Didampingi Kepala Markas PMI Aceh Tamiang, Amarullah, Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane menyampaikan kegiatan Pelatihan Fasilitator sangat penting untuk di masa depan, karena menyangkut dengan kesinambungan Relawan itu sendiri termasuk PMR di Aceh Tamiang.

Irwan Pane  juga menyampaikan, nantinya para fasilitator dasar PMR akan dimobilisasikan ke sekolah-sekolah yang ada, khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang untuk membantu Pembinaan PMR yang ada disekolah-sekolah, ungkapnya seraya mengharapkan melalui ini akan muncul relawan-relawan yang berkompeten.

Sementara itu Kepala Markas PMI Aceh Tamiang Amarullah, sekaligus sebagai Trainer dalam Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) tersebut menyampaikan kegiatan ini mengusung tema " Kreatifitas Fasilitator Menentukan Pencapaian Pembanguan Karakter PMR" merupakan motivasi untuk pengabdian relawan secara iklas.

"Iklas mengabdi harus menjadi karakter seorang relawan di PMI Aceh Tamiang, dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap relawan di PMI Kabupaten Aceh Tamiang dalam memfasilitasi kegiatan PMR dan PMI Kabupaten Aceh Tamiang yang sistematis dan berkelanjutan, ungkap Adon sapaan akrab Amarullah.

Adon menambahkan Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) yang diikuti oleh 24 Relawan KSR PMI dan 45 PMR dari siswa - siswi SMA Negeri 1 Karang Baru, SMK Negeri 2 Karang Baru, dan MAN 2 Aceh Tamiang sebagai peserta praktek bagi relawan peserta pelatihan mengasah kemampuan.  

Beliau juga mengharapkan, Pelatihan Fasilitator PMR ini, Relawan PMI Kabupaten Aceh Tamiang akan semakin efektif dan Fasilitator PMR akan semakin memahami tentang Ilmu Kepalangmerahan.

Melalui praktek, para peserta pelatihan, khususnya siswa - siswi dari SMA Negeri 1 Karang Baru, SMK Negeri 2 Karang Baru, dan MAN 2 Aceh Tamiang, dapat  mengasah kemampuan yang dimiliki," ucap Adon.

Selain Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane, Wakil Ketua Bidang Pengembangan PMR dan Relawan, A. Meyrshal Nasution dan Kepala Markas PMI Aceh Tamiang Amarullah beserta staf PMI Aceh Tamiang menjadi trainer. Kegiatan ini juga mengundang trainer lainnya seperti Rahmah Nur Riski, S.Psi.M.Psi yang merupakan Founder Sekolah Inspiransi. (Abdul Karim)

Komentar

Berita Terkini