Peringati 10 Muharram, Kepsek & Guru SDN 10 Pangkatan Santuni Anak Yatim

Labuhanbatu | Hari istimewa yang bisa dijadikan ladang amal oleh umat Islam di seluruh dunia. Salah satunya yakni bertepatan pada 10 Muharram, atau juga dikenal dengan Hari Raya atau Lebaran Anak Yatim.

Berbagai amalan saleh bisa dilakukan pada Lebaran Anak Yatim. Mulai dari bersedekah, berpuasa, serta memuliakan keluarga dan anak yatim bahkan hal terkecil seperti mengusap kepala anak yatim bisa menjadi amalan saleh.

Dalam sebuah hadis yang disampaikan Rasulullah SAW, kita diingatkan agar memuliakan tanggal 10 Muharram itu dengan melaksanakan ibadah yang baik. 

Pada tanggal ini, disebutkan bahwa banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka yang orang tuanya sudah tidak lengkap atau tidak ada. Terkait dengan hal itulah Kepala Sekolah (Kepala Satuan Pendidikan) dan Guru-Guru SDN 10 Pangkatan, Desa Sidodadi Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (19/o8/2021) melaksanakan kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim/piatu di sekolahnya.

Menurut Kepala Sekolah SDN 10 Pangkatan Hj. Mardiani Nasution , S.Pd, MM, bahwa kegiatan pemberian santunan kepada para anak yatim/piatu ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 10 Muharram dan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang menerimanya.

Disamping itu kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim/piatu ini tujuannya adalah untuk menjalin silaturrahmi dan mewujudkan kepedulian terhadap sesame khususnya para anak yatim/piatu yang sudah tidak memiliki orang tua, kegiatan ini juga untuk menggugah rekan-rekan sesama pendidik untuk lebih peduli terhadap para anak yatim/piatu.

Hj. Mardiani Nasutian S.Pd, MM,  juga menjelaskan, adapun jenis santuan yang diberikan kepada para anak yatim/piatu yang berjumlah 18 orang itu antara lain berupa uang seikhlas hati dari saya pribadi maupun para guru, kemudian ada juga beras, bubur kacang hijau, nasi bungkus dan minuman.

Kepala Sekolah dan para guru dalam kegiatan ini merasa bersyukur karena turut peduli kepada para anak yatim/piatu yang berada dilingkungan sekolah, semoga kegiatan seperti ini pada masa-masa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan dan tetap berkesinambungan.


Editor    |Redaksi

Laporan|M.syarif

Komentar

Berita Terkini