Pangeran Saibatin Marga Dantaran (Ahmad Fajirin) Menghadiri Seangkonan Puakhi Menteri BUMN H. Erick Thohir Dengan H.Zulkifli Hasan

 

harianfikiransumut.com | Lampung Selatan — Prosesi adat MARGA DANTARAN Penguwakhan adok dan pengangkatan kerabat  yang mulia bapak H.Erick Thohir B.A.,  M.B.A ( Khadin Bangsawan )

Di 

SMA KEBANGSAAN Desa Pisang  Kecamatan Penengahan

Marga Dantaran

Sabtu (19/06/2021).


Saibatin 5 Marga Beserta Paksi Paksi, Punyimbang, Hulubalang, Punggawa, Panakbayan hadir di Lokasi.

Prosesi Penyambutan Saibatin 5 Marga Wayhandak,:

1. Saibatin.Marga Dantaran Pangeran Naga Bringsang V.

2. Saibatin Marga Keratuan Ratu Menangsi Pangeran Cahya Marga.

3. Saibatin Marga Legun Pangeran Tihang Marga.

4. Saibatin Marga Rajabasa, Pangeran Puyimbang Agung.

5. Saibatin Marga Ketibung Pangeran Sesuhunan Sampurna Jaya.

Proses acara ini di hadiri oleh

Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP.

Ketua Umum LPTTK, Raditiyo, EGP, ST, MBA, Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si.



Prosesi Penyambutan Kerabat  Menteri BUMN H.Erick Thohir ,BA,MBA dan  Wakil Ketua MPR RI,H.Zulkifli Hasan SE,MM beserta rombongan.

Lalu di lanjutkan dengan Pemakaian Kikat Hanuang Bani dan di Payungi Payung Kebesaran warna Putih,

4 Saibatin turut Menyambut rombongan tangguh kekhatongan penerimaan oleh panglima punggawa bahatur marga dantaran dan punggawa LIMA MARGA  langsung mengawal Lapahan.


Tukang tangguh

Punggawa lamban balak marga dantaran punggawa paksi kunyayan punggawa paksi deduk, punggawa paksi khuguk sumokh, punggawa pekon ketapang legundi,punggawa pekon sumokh,punggawa paksi kunyayan bakauheni.


Dalam prosesi ini tak ketinggalan juga tarian adat Lampung Selatan yaitu piccak silat piccak Lappung takhi melayu seni budaya Marga Dantaran, di lanjutkan dengan Lapahan kawalan di Iringi kenungan bukhung IKING marga dantaran.



Prosesi Setiyakh dan Bias kuning oleh Panakbayan  Marga Dantaran duduk di Hejongan,hejongan tempat duduk Saibatin 5 Marga 5 Pangikhan  duduk berdampingan Erick Tohir & Zulhas

Paksi Paksi Marga Dalom,

Punyimbang, Kakhiya, Temunggung, Batin, Khaja, Khadin, Minak, Mas, Khaya,

Panglima, Punggawa, Bahatur beserta kerabat.yakni bertujuan untuk, menjalin silaturahmi demi mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat adat marga dantaran, dalam mendukung pembangunan di kabupaten lampung selatan.


Prosesi Pemberian Adok sesuai tata Titi Adat Lampung Saibatin.

Di Adat Lampung Saibatin, Tata Titi  Pemberian Adok / Gelar Bisa di berikan apabila terjadi satu ikatan Perkawinan.

Dan juga bisa di berikan apabila sudah SEAKKONAN. SEAKKONAN adalah  Angkat Saudara, ikatan Tali Persaudaraan Lahir dan batin.


Zulkifli Hasan seakkonan angkat saudara dengan Erick Thohir menjadi adeknya jadi Seakkonan angkat saudara Kakak dan Adek,

Zulkifli hasan yang sering disapa bang  Zulhas ini di beri gelar adok  Batin Eka Perkasa adalah keluarga Paksi Khuguk Sumokh Marga Dantaran,

Paksi di Pegang oleh Kakhiya Paksi Makhga,

Zulhas Adok  Batin Eka Perkasa setelah seangkonan Puakhi Butangguh meminta kepada Kakhiya Paksi Makhga supaya adeknya Erick Thohir di berikan adok, pada hari Jumat tanggal 04 Juni 2021 bertepatan tanggal 23 Sawal  1442 Hijriyah,

Kakhiya Paksi Marga Musyawarah mufakat dengan Punyimbang untuk memutuskan dan memberikan adok hasil rapat adat di tingkat paksi melihat menimbang memandang memikirkan sosok sifatnya bahwa abangnya beradok gelar Batin maka adeknya sehingga di berikan adok Khadin Bangsawan.


Berdasarkan hasil mufakat adat, Kakhiya Paksi Makhga Butangguh  Melaporkan kepada Pangeran Naga Bringsang Saibatin Marga Dantaran selaku Pimpinan Kepala Marga Dantaran.

 Pembacaan kias Bukhori KL Paksi Kunyayan,Penambuhan gong Temunggung Paksi Khuguk Sumokh,Penguwakhoan / pembacaan ADOK / GELAR.

Oleh Kakhiya Paksi Makhga.


Di Uwakhon, di Sematkan Simbul Lambang Kebesaran Kikat Hanuang Bani dan Pusaka dan Pin,

Di pakaikan kikat oleh Pangeran Naga Bringsang di dampingi saibatin 4 marga,sesi terahir dengan poto bersama .

(Khoirizal Dede Ahmad)

Komentar

Berita Terkini