Tanggul Kolam PT.SJMS Jebol, Limbah Berbau Busuk Resahkan Warga

 harianfikiransumut.com |  Langkat - Belasan warga yang tinggal di sekitar bantaran paret Gang Bersama Lingkungan 1 Bukit Tangga Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara merasa resah, diduga akibat bau busuk yang dikeluarkan oleh limbah yang mengalir dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT.SJMS

YT(45th) didampingi DD dan ST warga setempat kepada Awak media, Selasa (27/4/21) mengatakan, peristiwa ini kami ketahui pada Senin 26 April 2021 malam, kondisi air limbah kental yang dan berbau busuk sempat mengalami ketinggian hingga 10 cm dari dasar paret.

Para Ibu rumah tangga yang lainnya juga mengatakan limbah yang mengalir di paret ini diduga mengandung kimia, sebab ikan gabus dan ikan lele yang selama ini hidup di paret ini pada mati, saat datangnya air limbah, kata warga.

Kepala Lingkungan l Bukit Tangga, Hendra Syaputra Hrp, mengatakan peristiwa ini telah kita laporkan ke Pihak Perusahaan, mereka juga sudah turun meninjau langsung, dan mengatakan jumlah warga yang terdampak limbah tersebut sekitar 15 KK.

Menurut pihak perusahaan,
bahwa mengalirnya limbah ini ke parit, akibat dari jebolnya tanggul Kolam penampung, Pihak perusahaan juga berjanji akan memperbaiki tanggul kolam yang jebol, Kata Hendra.

Terkait mengalirnya limbah pabrik yang berbau busuk ke paret, KTU PT.SJMS Julhasbi,  kepada wartawan di kantornya mengatakan, mengalirnya air limbah ini dikarenakan tanggul kolam penampung yang ke 10 merembes, kemudian material tanah bahagian atas tanggul Jebol, maka air limbah dari kolam 10 mengalir ke paret pemukiman warga,

Hari ini (Selasa-red)kerusakan tanggul ini telah, kami perbaiki mudah-mudahan kedepan hal seperti ini tidak terjadi lagi dan semua ini bukan ada unsur kesengajaan dari pihak perusahaan, kata Julhasbi.

Beliau juga mengatakan selama ini hubungan masyarakat dengan pihak perusahaan terjalin sangat baik, Kami juga tetap memperhatikan masyarakat
di sekitar perusahaan, mulai dari merekrut tenaga kerja, serta  memberikan Konpensasi buat warga setempa, ungkap Julhasbi.

Penulis : Ramlan.az

Komentar

Berita Terkini