Gong Di Pukul, Pertanda Wabub Buka Musrembang Kabupaten


harianfikiransumut.com | Palas - Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Kamis (25/3/2021) di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan. Jalan Untung Surapati, Lingkungan III, Banjar Raja, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).Musrenbang RKPD Kabupaten Palas ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., ditandai dengan pemukulan gong dihadiri Gubernur Sumut, H.Eddy Rahmayadi diwakili Kadis Ketahanan pangan dan Peternakan Sumut M. Azhar Harahap.

                  H. Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, penyusunan rencana RKPD tahun anggaran 2022 sebagai dasar penyusunan RAPBD Kabupaten Palas.Musrenbang RKPD ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan dari UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunaan daerah.RKPD tahun 2022 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Padang Lawas dengan tema "pemulihan kesejahteraan masyarakat didukung dengan peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia" dengan prioritas pengurangan angka pengangguran dengan penciptaan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia yang berdaya saing.Penguatan kapasitas dan daya saing ekonomi rakyat secara berkelanjutan, perwujudan ketahanan pangan dan energi dan pengurangan kesenjangan wilayah.Disamping itu, peningkatan kualitas infrastruktur, pemantapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta mendukung kebijakan nasional dan provinsi, seluruh perangkat daerah Kabupaten Palas harus fokus dalam penyusunan RKPD 2022 dan harus diarahkan kepada tema dan prioritas RKPD tahun 2022.",tutup Zarmawi.                                                                Sementara dikesempatan sama, Sambutan Gubsu H.Eddy Rahmayadi diwakili Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M. Azhar Harahap mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumut menetapkan target sasaran makro pembangunan Provsu di Tahun 2022 tentang pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,20 persen, penurunan angka penganguran terbuka menjadi 6,72 persen, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,40 persen.Mari kita integrasikan prioritas pembanguna dalam konteks kewilayahan melalui harmonisasi antara rencana pembangunan dengan rencana tata ruang, baik di tingkat nasional, propinsi maupun kabupaten dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup," sebutnya.

                Sebelumnya pada kesempatan itu, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Palas M. Khaidir Harahap dalam laporannya menerangkan, Pemkab Palas tetap konsisten berusaha meningkatkan kesejahteraan warga. Pencapaian indikator-indikator makro Kabupaten Palas agar terus meningkat.Atas kondisi yang menyangkut indikator tersebut, ada beberapa isu strategis dan permasalahan pembangunan yang dihadapi Pemkab Palas pada tahun 2022 yang menjadi tantangan dan harus diselesaikan,” kata M. Khaidir Harahap.

              Fokus utama mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi, perlindungan sosial, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur dasar.Pemulihan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan kawasan strategis agropolitan, minapolitan, pariwisata, industri, dan ekonomi kreatif.Kemudian, penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah. Diupayakan melalui perlindungan sosial, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan peran pemerintah dan lembaga desa serta memutus rantai penyebaran Covid-19.",Terang Khaidir.

                Khaidir menambahkan, penyelenggaran pendidikan yang bermutu, juga harus meningkatkan cakupan layanan infrastruktur dasar dan penyediaan perumahan layak bagi masyarakat, meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan melalui pelaksanaan reformasi birokrasi tanggap bencana melalui pemetaan dan pengendalian lingkungan",ucap Khaidir mengahiri.

              Di kesempatan yang sama camat Sosa timur ", Darwin simatupang sangat mengharapkan terlaksananya prioritas insprasitruktur akses peningkatan jalan provinsi ,dari desa Aliaga kecamatan Huta raja tinggi menuju desa Muara tige kecamatan Sosa timur ikut di bahas dalam musrembang kali ini.Sarana jalan tersebut sangat di harapkan Darwin simatupang agar masyarakat kecamatan Sosa timur ketika saat saat tertentu (musim hujan-red) selalu kesusahan dalam mengeluarkan hasil bumi dari daerahnya.ini harapan saya semoga dapat terlaksana ",terang Darwin.(A salam siregar)


Keterangan Fhoto :


1.fhoto wakil Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si,

2.fhoto M Azhar harahap kadis ketahanan pangan dan peternakan sumut.

3.fhoto Darwin simatupang saat mengikuti musrembang.

Komentar

Berita Terkini