Diduga, Ulah Oknum Manager PTPN III, Ratusan Tanaman Sawit TBM Mulai Sekarat

harianfikiransumut.com | Labura - Menyedihkan, Diduga akibat ulah buruk kebijakan Oknum  Manager PTPN III, perkebunan kelapa sawit Kebun M. Muda di Aek Kanopan Kabupaten Labura terlihat mulai sekarat dan terkesan tidak terawat.

Oknum Manager berinisial ZI dituding berulah tidak profesional dalam mengelola sebuah Perkebunan Negara dan terkesan semau gue dalam menentukan seleksi pengiriman ratusan bibit kelapa sawit.

Diketahui, ternyata bibit kelapa sawit yang dikirim dalam kondisi cacat mutu, kerdil dan tidak layak tanam untuk keperluan bahan penyisipan di areal sawit tanaman belum menghasilkan (TBM) seluas puluhan hektar di blok afdeling III Kebun M. Muda.

Pantauan media dilokasi, Sabtu (6/3) ditemukan keadaan kondisi bibit bibit yang telah di tanam pada bulan lalu, mulai sekarat bahkan banyak yang mati kekeringan akibat pengadaan bibit yang buruk, kerdil, serta sistem penanaman tidak terkontrol.

Kuat dugaan adanya dampak peracunan gulma di tapak meja pungguan (piringan sawit) yang belum semestinya di lakukan pada pohon tanaman baru.

Ketika dikonfirmasikan awak Media, Oknum Manager ZI melalui telefon selulernya, Sabtu (6/3) terkesan enggan untuk menjawab.

Sementara, menurut salah seorang Asisten di perusahaan tersebut menerangkan, bahwa pihaknya sudah menolak akan kondisi bibit kelapa sawit yang kondisinya seperti itu.

Jika tidak bagus, sebaiknya terlebih dahulu di atasi dengan perawatan extra, sebut asisten lainnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (KLLH) Labuhan Batu,  Raya Bung Darwin Marpaung, kepada harianfikiransumut.com di sekretariatnya Kualuh Selatan mengatakan, memang saat ini kita juga sedang menyoroti persoalan tersebut.

Termasuk masalah kematian puluhan batang tanaman sawit,  tim kita telah meninjaunya kelapangn, bahkan salah satu asisten berinisial W juga sudah mengakui akan buruknya bibit kelapa sawit.

Untuk menyelamatkan nasib  Perkebunan Negara, maka kita akan terus menelusurinya, disebabkan ada dugaan rekayasa dalam pengadaan bibit.

Mana mungkin Peekebunan Raksasa bertaraf Dunia  menyediakan bibit cacat mutu, bila temuan sudah lengkap, dipastikan kita akan melaporkannya kepada instansi terkait, kami juga sudah mencium, kuatnya aroma dugaan jaringan KKN di BUMN Kebun M Muda ini. Tegas Bung Darwin Marpaung.

Penulis : ( Liem )
Editor : Red

Komentar

Berita Terkini