Pengundian Nomor Urut Pildatok Kampung Tanjung Seumentoh Di Plenokan

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang-- Pemilihan Datok Penghulu Kampung Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang sudah memasuki tahapan paling krusial. 

Panitia Pildatok Kampung Tanjung Seumantoh menggelar rapat pleno terbuka penetapan calon Datok Penghulu dan pengundian nomor urut calon di Kantor Datok Penghulu setempat, Rabu (26/2/21), malam.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan Datok Penghulu, Tujuh calon Datok Penghulu, Babinkamtibmas, Babinsa, Pj. Datok Penghulu Ahmad Ramlan, Imam Kampung Abdul Latif, Ketua MDSK H Hamzah OK dan anggota Yusmirun, Perangkat Kampung, serta sejumlah tim sukses masing-masing calon.

Pildatok Kampung Tanjung Seumantoh tahun 2021 kali ini diikuti 7 orang calon yang akan berkompetisi dalam ajang pildatok serentak bersama 7 Kampung lain di Kecamatan Karang Baru.

Sebelumnya Ahmad Ramlan Pj. Datok Penghulu Kampung Tanjung Seumantoh dalam sambutannya mengatakan bahwa “malam ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon datok penghulu, juga pengundian nomor urut calon datok penghulu yang akan dicantumkan pada kartu suara. 

Setelah ditetapkan menjadi calon datok penghulu maka ada aturan yang harus ditaati oleh para masing-masing calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia,” jelasnya. 

Ramlan juga berharap, panitia harus melaksanakan tahapan demi tahapan pildatok secara profesional.

Sementara Ketua MDSK H Hamzah OK menyampaikan bahwa “masalah pemilihan itu adalah hak dari masing – masing warga untuk memilih pimpinannya. Hal penting yang harus di perhatikan, baik calon maupun para pendukungnya, yang menang jangan sampai sombong.

Begitupun yang kalah, jangan berkecil hati, tidak puas dan yang dapat menimbulkan kegaduhan, terimalah dengan lapang dada. Dalam berkompetisi, harus siap menang juga harus siap kalah”’ tegasnya.

Di kesempatan itu Sekretaris P2DP, Saiful Alam membacakan berita acara penetapan bakal calon datok penghulu menjadi calon datok penghulu dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut.

“Mekanisme pengundian ada 2 segmen, yaitu penetapan berdasarkan nomor urut pendaftaran dan selanjutnya pengambilan nomor urut. 

Untuk pengambilan nomor urut bagi para calon yang mendaftar, mengambil bundelan kertas yang telah disiapkan oleh panitia bertuliskan nomor urut satu sampai dengan tujuh, dan setelah semua calon mengambil nomor urut, kemudian di buka secara bersama – sama” jelasnya.

Masing-masing calon mendapatkan Nomor urut, yakni Nomor urut 1. Harun Pranata dari Dusun Damai, 2. Ramly dari Dusun Keluarga, 3. Asrifuddin dari Dusun Keluarga, 4. Yusrizal dari Dusun Keramat, 5. M. Arifuddin dari Dusun Keramat, 6. Abdul Aziz dari Dusun Keluarga, 7. Naimah dari Dusun Keramat.

Setelah pengambilan undian nomor urut selesai dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan bersama untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban Kampung Tanjung Seumantoh dengan kampanye damai.

Ketua P2DP (Panitia Pemilihan Datok) Kampung Tanjung Seumantoh Reza Fadly memberikan pengarahan kepada ketujuh calon mengharapkan agar Pildatok Kampung Tanjung Seumantoh dapat berjalan Damai, Tentram, Tenang dan tidak ada permasalahan, dari awal pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan pildatok. 

Dijelaskan bahwa, “tata tertib di buat hanya demi pelaksanaan pildatok agar bisa betul – betul  berjalan seiring sejalan, tidak ada satu ketimpangan antara yang satu dengan yang lain. 

Namun walaupun telah dibuatkan tata tertib, jika ada terjadi pelanggaran, kami tidak membuat sangsi, sehingga para tim sukses yang akan mengawasi, apakah ada calon atau tim suksesnya yang melanggar tata tertib atau tidak”’ tegasnya, sembari mengatakan selamat berkompetisi dan taati segala peraturan yang telah ditetapkan.


Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini