Akibat Air Bah, Sejumlah Kebun Warga Longsor Pemkab Bener Meriah Diminta Lakukan Normalisasi

Akibat Air Bah, Sejumlah Kebun Warga Longsor Pemkab Bener Meriah Diminta Lakukan Normalisasi 

Bener Meriah | Hujan deras yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan air sungai yang berada di desa Jamur Ujung Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, Aceh meluap.

Bahkan air sungai yang berada di belakang rumah warga telah mengikis tebing rumah warga yang berada di pinggiran sungai, sehingga mengakibatkan terjadinya longsor, Senin (5/1/2021). 

Kekhawatiran itu pun tampak, tatkala tebing yang longsor telah mendekati halaman belakang rumah warga setempat.

Tidak hanya itu, longsor juga ikut terjadi pada kebun masyarakat Jamur Ujung di karenakan hantaman air bah yang di sertai bebatuan besar sehingga terjadinya abrasi pengikisan tanah di sepanjang kebun warga.

Kejadian tanah longsor di belakang rumah warga dan kebun masyarakat terjadi pada Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB. 



Pada saat kejadian warga yang tinggal di pinggiran sungai itu turut menyaksikan dahsyatnya luapan air sungai yang mengikis tebing kebun warga dan pinggiran rumah warga yang berada di dekat sungai pada saat terjadinya longsor.

Salah seorang warga jamur ujung Anto (50), meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah terutama pada Bapak Bupati Tgk Sarkawi, untuk segera melakukan normalisasi sungai maupun beronjong yang berada di belakang rumah masyarakat jamur ujung.

"Saya meminta kepedulian pemerintah daerah kita untuk sigap pada bencana yang saat ini kami alami, dimana kebun saya dan warga lainnya juga ikut longsor. Setidaknya pemerintah daerah melalui BNPB turut andil dalam penyelesaian bencana longsor ini," ujar Anto yang di aminkan warga lainnya.

Sementara itu, Reje Kampung Jamur Ujung Irfan yang didampingi Kepala Dusun Mekar Utama Musliadi saat di konfirmasi media ini dirinya menyampaikan, saat ini masyarakat jamur ujung sangat resah akan longsor susulan. Sebab air pembuangan dari bandara rembele kecamatan bukit di arahkan ke sungai jamur ujung. Kemudian air pembuangan dari Kabupaten Aceh Tengah Kecamatan Kebanyakan, mulai dari retribusi sampai dengan teritit berlabuh ke sungai Jamur Ujung. Sehingga jelas dampak bencana longsor dan abrasi tanah Kebun warga pun terjadi imbas longsor, terang Irfan.

Untuk itu, sambung Reje Kampung Jamur Ujung, dirinya mengharapkan pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah melalui Bupati dan Dinas terkait dapat secepatnya menanggulangi bencana longsor yang berada di belakang rumah warga dengan cara normalisasi sungai maupun pembangunan beronjong, pinta Irfan selaku Reje Jamur Ujung. 


Penulis : (Das)

Komentar

Berita Terkini