-->

Haul Ke 11 Tuan Guru Batak Shekh Abdurahman Rajagukguk Al Khalidy Naqsyabandi

FiksumNews.com, Simalungun : Pelaksanaan Haul ke 11 Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qs yang bertemakan "Dengan mengamalkan sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mari kita rawat Kemajemukan dengan cinta" ini, berjalan lancar, hikmat dan penuh keberkahan. 


Dari Pantauan awak media FiksumNews.com, Panitia Haul TGB sudah menyiapkan segala sesuatu untuk menjalan prokes, jumlah jamaah yang hadir juga dibatasi.


Bertempat di Persulukan Serambi Babussalam, Nagori Jawa Tongah, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun acara Haul TGB di gelar. 


Hal itu disampaikan salah satu panitia pelaksana, Dia menyebutkan, "Meskipun kali ini kita dan panitia Haul sengaja membatasi jemaah dan tidak mengundang banyak tokoh dan pejabat setingkat Sumatera Utara karena situasi covid-19, ternyata banyak juga tokoh dan umat yang hadir. Sungguh ini suatu hujan rahmat dan keberkahan dari Allah 'Azza Wajalla. ujarnya. 


"Dalam tradisi Islam Nusantara kita, ada dikenal dengan Haul. Sebuah tradisi yang sudah begitu populer dalam Islam ke Indonesiaan kita. Khususnya dalam tradisi Islam Aswaja NU. 

Dalam berbagai literatur terkhsus dari Peringatan haul (kata "haul" dari bahasa Arab, berarti setahun) adalah peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali dengan tujuan utama untuk mendoakan, mengenang dan mengambil iktibar atas wafatnya satu Ulama dan tokoh besar untuk sekedar mengingat dan meneladani jasa-jasa dan amal baik mereka. 


"Haul yang penting diadakan setiap setahun sekali dan tidak harus tepat pada tanggal tertentu alias tidak sakral sebagaimana kita memperingati hari ulang tahun. tutur Panitia pelaksana. 


Dia menambahkan, "Semangat melaksanakan peringatan Haul adalah merupakan semangat Alquran bahkan seluruh kitab-kitab samawi ; Taurat, Jabur, Injil sampai Alquran. Yakni mengambil kisah-kisah dari orang terdahulu. Bahwa Alquran mengabadikan kisah-kisah terdahulu untuk dapat kita kenang dan mengambil iktibar didalamnya. 


"Selain semangatnya Alquran. Tradisi haul diadakan berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Diriwayatkan: Rasulullah berziarah ke makam Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dalam perang Uhud dan makam keluarga Baqi’. Beliau mengucap salam dan mendoakan mereka atas amal-amal yang telah mereka kerjakan. (HR. Muslim) 


Hadits lain diriwayatkan oleh Al-Wakidi bahwa Rasulullah SAW mengunjungi makam para pahlawan perang Uhud setiap tahun. Jika telah sampai di Syi’ib (tempat makam mereka), Rasulullah agak keras berucap: Assalâmu’alaikum bimâ shabartum fani’ma uqbâ ad-dâr. (Semoga kalian selalu mendapat kesejahteraan atas kesabaran yang telah kalian lakukan. 


"Sungguh akhirat adalah tempat yang paling nikmat). Abu Bakar, Umar dan Utsman juga malakukan hal yang serupa. (Dalam Najh al-Balâghah, hlm. 394-396) 


Dia juga menjelaskan, "Para ulama menyatakan, peringatan haul tidak dilarang oleh agama, bahkan dianjurkan. Ibnu Hajar dalam Fatâwa al-Kubrâ Juz II hlm. 18 menjelaskan, para sahabat dan ulama tidak ada yang melarang peringatan haul sepanjang tidak ada yang meratapi mayyit atau ahli kubur sambil menangis. 


Peringatan haul sedianya diisi dengan menuturkan biorafi orang-orang yang alim dan saleh guna mendorong orang lain untuk meniru perbuatan mereka Peringatan haul yang diadakan secara bersama-sama menjadi penting bagi umat Islam untuk bersilaturrahim satu sama-lain; berdoa sembari memantapkan diri untuk menyontoh segala teladan dari para pendahulu; juga menjadi forum penting untuk menyampaikan nasihat-nasihat keagamaan. Ujar Panitia Haul. 


Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qs secara Nasab kebatakan sampai 12 generasi kebelakang dalam tarombo batak yakni: Syekh Abdurrahman Rajagukguk ayahnya Binjamin ayahnya Musa ayahnya Amaniaji ayanya Oppuniaji ayahnya Oppu Monang ayahnya Parbimbim ayahnya Oppu Sohuturon ayahnya Guru Tiniloan ayahnya Naihapatian ayahnya Pinggan Pasu dan ayahnya Tuan (Raja) Gukguk Ayahya Aritonang.


Sedangkan secara spiritual (keruhanian) beliau Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qs bersambung sampai kepada Rasulullah Sh

Komentar

Berita Terkini