Fadlon SH, Ajak Masyarakat Jadi Pelopor Keselamatan Dan Patuhi Prokes

fiksumnews.com - Aceh Tamiang : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang, Fadlon, SH mengapresiasi langkah pemerintah dalam menerapkan kebijakan normal baru dan mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Kebijakan pemerintah tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Aceh Tamiang Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kepada  fiksumnews.com diruangan kerjanya, Senin (26/10/2020), Fadlon SH mengatakan "Rutinitas kita berubah, hidup dibayang-bayangi perubahan yang dibawa COVID-19.

Ini tantangan untuk mengembalikan kemerdekaan individu untuk tetap berkarya tapi menyesuaikan dengan realitas yang ada yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan," sebutnya.

Menurutnya, selama virus ini belum berakhir, masyarakat harus menyesuaikan diri dengan normal baru, yaitu cara baru untuk hidup dan menjalani kehidupan, pekerjaan, dan berinteraksi dengan orang lain  tetap mematuhi protokol kesehatan.

Politisi Partai Aceh ini menjelaskan, untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, diharapkan semua  lapisan masyarakat senantiasa mengikuti protokoler pencegahan covid ini.

"Filosofinya mencegah lebih baik dari pada mengobati, di praktekan langsung dengan gaya hidup sehat dan menjaga imunitas agar tetap kuat. Luangkan waktu untuk berolah raga walau hanya 15 menit," ajaknya.

Dia menilai normal baru adalah dalam konteks berkegiatan sehari-hari seperti kegiatan ekonomi, pekerjaan, produksi-distribusi, belajar-mengajar dan berinovasi dengan situasi yang ada.

Selain itu, mematuhi aturan sehingga terjalin kerja sama yang baik penerapannya dan akan mampu untuk saling melindungi.

"Pada akhirnya kita perlu mempersiapkan diri untuk hal terbaik sambil mengantisipasi segala risiko yang ada," kata Fadlon.

Normal baru dalam konteks kesehatan perlu disadari bahwa semua memiliki tanggung jawab untuk saling melindungi, dimulai dari melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitar.

"Kuncinya adalah kesadaran yang lebih mendalam. Kita sebagai masyarakat perlu mendukung perjuangan para dokter dengan cara menjaga diri kita sendiri dengan menjalankan segala prosedur protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, Fadlon mengatakan keberadaan TNI-Polri dalam menjaga ketertiban umum juga menjadi prioritas saat ini sehingga peran kedua lembaga tersebut menjadi jawaban dari kekhawatiran terkait teknis pelaksanaan di lapangan.

Dia mengajak masyarakat mendukung niat baik dan dedikasi TNI-Polri dalam hal menjaga masyarakat dari musuh yang tidak terlihat yaitu COVID-19.

"Kita harus bisa menyukseskan, agar roda ekonomi bisa kembali normal. Untuk itu diharapkan masyarakat dapat mematuhi anjuran protokol kesehatan dan memiliki disiplin yang tinggi agar kita untuk menang melawan COVID-19," ujarnya.

Fadlon mengingatkan bahwa masyarakat kemungkinan harus hidup dalam normal baru untuk waktu yang sangat lama. Apabila saat semua sudah membaik, masyarakat bisa menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya.

"Proses ini akan membangun karakter disiplin individu yang kuat. Saat ini, seluruh negara di dunia sedang berjuang dengan banyak metode dalam penanggulangan COVID-19 dan belum ada satupun negara yang benar-benar berhasil dengan metode tertentu," katanya.

Menurut dia, disiplin adalah kunci dalam menekan laju penyebaran COVID-19, dan masyarakat tidak boleh menyerah sehingga apabila ada gelombang ke-2, masyarakat harus konsisten dengan disiplin sehingga mata rantai penyebaran dapat diputus.

"Kita harus bersatu melawan virus ini, bersatu saling mengajak yang lain untuk dapat mematuhi Protokoler Kesehatan. Gunakan masker, sesering mungkin cuci tangan dan jaga jarak," ajak Fadlon sembari menambahkan kita harus menjadi pelopor keselamatan ditengah masyarakat bahkan didalam lingkungan keluarga, agar orang yang kita cintai tetap sehat dan bisa melaksanakan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah, pungkas mengakhiri, (pakar).

Komentar

Berita Terkini