Ratusan Petugas DLH dan Bank Sampah Lakukan Aksi Bersih-Bersih.

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Ratusan Petugas DLH, Komunitas Peduli Lingkungan dan anggota Bank Sampah Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kampung Durian Kecamatan Rantau.

Hal itu dilakukan dalam rangk memperingati Hari bersih-bersih sedunia (World Cleanup Day).

Aksi tersebut di awali dengan  memungut dan memilah sampah di sepanjang jalan menuju lokasi TPA disertai pula penanaman Pohon disekitar areal TPA, Pengambilan dan Pengujian sampel Air Limbah Kolam Lindi TPA, serta Lounching pembuatan Paving blok dari limbah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Sayed Mahdi, SP.M.Si. MMA berharap aksi ini bisa dilakukan setiap saat, agar lingkungan bersih, dalam lingkungan bersih terdapat jiwa yang sehat.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi gerakan pungut dan pilah sampah melalui WCD yang dilakukan hari ini 19 September 2020.

Kepada wartawan, Kadis DLH Kabupaten Aceh Tamiang, supaya para pedagang dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah secara benar. Agenda hari ini adalah Pilah Sampah dari rumah.

"Kegiatan hari ini merupakan sosialisasi agar masyarakat bisa mengetahui dan paham dengan agenda tersebut.

Diharapkan masyarakat berpartisipasi aktif dalam memungut dan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya," kata Sayed Mahdi.

Ia menyebutkan sampah dapat dipilah menjadi tiga, yaitu sampah organik yang mudah busuk, kemudian sampah anorgnik yang tidak mudah busuk tetapi masih bisa dijual atau bisa diolah menjadi kreasi lain, dan sampah residu yang menjadi tanggung jawab DLH untuk mengangkut dan mengolah sampah residu di tempat pembuangan akhir.

"Kami akan melakukan sosialisasi WCD di pasar tradisional, karena pasar merupakan titik tempat  berkumpulnya orang banyak," katanya.

"Orang bijak buang sampah sesuai tempatnya", dan "Cintai bumi kurangi sampah plastik", himbau Sayed Mahdi mengakhiri, (pakar).
Komentar

Berita Terkini