KTNA Aceh Tamiang Bersama PT Natural Nusantara (NASA) Sosialisasikan Penggunaan Pupuk Organik

harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Kontak Tani Andalan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang bersama PT Natural Nusantara (NASA) menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan penggunaan pupuk organik bagi para kelompok tani.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Karang Baru, pada Rabu (9/9) dalam upaya untuk peningkatan hasil dan mendongkrak perekonomian petani.

Dikesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin SH  saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi atas sosialiasi dan penyuluhan penggunaan teknologi sarana produksi agro yang dilaksanakan KTNA Aceh Tamiang bekerjasama dengan PT Natural Nusantara (NASA).
Terlebih program ini guna meningkatkan produksi dan kualitas hasil di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan dalam penggunaan teknologi sarana produksi.
Ini merupakan terobosan dan bentuk kerjasama yang dibangun oleh KTNA untuk mendukung pelaksanaan program ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 sehingga tercapainya peningkatan kualitas dibidang produksi agro,” sebut Basyaruddin.

Menurutnya, pembangunan sektor ini menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang, penggunaan teknologi juga bagian dari kegiatan diseminasi untuk mempercepat meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian".
Kehadiran PT. Natural Nusantara diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para petani dalam upaya peningkatan ekonomi daerah di Aceh Tamiang,” ujar Basyaruddin.

Oleh sebab itu, sebagai organisasi petani, KTNA diharapkan mampu berperan aktif mendorong dan memberikan perhatian yang lebih besar bagi para petani di samping sektor lainnya.

“ Fungsi KTNA adalah wadah musyawarah petani, nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan sektor pertanian,” tambah Sekda Basyaruddin.

Pada kesempatan itu, Direktur PT. NASA Ir.Hana Kusuma menyampaikan, pihaknya berusaha bagaimana pertanian di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya dan Aceh umumnya bisa lebih, untuk membangun hal ini tentunya harus dibarengi dengan adanya penerapan teknologi.

“ Teknologi selama ini masih mengarah menggunakan teknologi kimia dan penggunaan kimia itu tidak menjadi masalaha dalam batasan tertentu, tapi belum lengkap kalau tidak disertai dengan teknologi organik,” ujar Ir.Hana.

Hana Kesuma juga mengatakan, pupuk organik kedepannya lebih aman serta persoalan mendasar terkait sektor pertanian ini hanya tiga yaitu kualitas, kuantitas dan kelestarian lingkungannya harus baik.
Lanjutnya, karena itu teknologi tersebut menjadi perhatian PT NASA menjadikan ketiga aspek dimaksud agar bisa lebih baik“.
Kita mensuport sepenuhnya program peningkatan sektor pertanian di Aceh Tamiang, bahkan kedepan jika perkembangannya bagus dalam penggunaan pupuk organik, PT NASA juga akan mendirikan pabriknya di Aceh Tamiang,” tegas Ir Hana Kusuma.

Informasi diperoleh, keberadaan pupuk organik dari PT NASA tersebut sudah beredar disejumlah daerah di Aceh yang berada dibawah koordinator PT Pilar Eka Cipta, bahkan ada beberapa perusahaan perkebunan menggunakan pupuk ini dalam peningkatan produksinya.

Dalam pembukaan sosialisasi tersebut, KTNA Aceh Tamiang juga memberikan santunan untuk 15 orang anak yatim yang  diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah, Basyaruddin.

Pada kegiatan tersebut tampak hadir Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, SH, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Abdullah, Ketua KTNA Aceh Tamiang, D Yogi Syahputra, para penyuluh, perwakilan Distanbunnak Aceh Tamiang serta perwakilan para kelompok tani Se-kabupaten Aceh Tamiang, (pakar).
Komentar

Berita Terkini