-->

H.Rudi Hartono Bersama BPDPKS Sosialisasi Program Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumut.

Ket Photo : Anggota Komisi XI DPR RI H.Rudi Hartono Bangun.SE.MAP bersama Dr. Ir. Sunari, MP. Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS.

fiksumNews.com : Binjai - Dengan menggandeng mitra kerja, Anggota Komisi XI H.Rudi Hartono Bangin,SE sosialisasikan program andalan dari BPDPKS yang berasal dari dana pungutan agar terserap dengan baik untuk replanting Kelompok Petani  kelapa sawit di Gedung Tomuria Hall Jl Ir Juanda kota binjai, Selasa ( 28/7/2020).

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebagai salah satu lembaga utama dalam mendukung keberlanjutan perkebunan dan industri sawit nasional terus berupaya memperkenalkan program-programnya kepada masyarakat.

BPDPKS yang diwakili oleh Direktur Penghimpunan Dana, Dr.Ir.Sunari, MP bersama dengan Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Utara H.Rudi Hartono Bangun, S.E.,M.AP menghadiri kegiatan sosialisasi Masyarakat petani sawit Sumatera Utara dengan tema “Peran dan Fungsi BPDPKS dalam mengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit".

Mengingat suasana pandemi, kegiatan yang dihadiri oleh ratusan orang tersebut tetap mematuhi koridor protokol Kesehatan Covid-19. Hadirnya ratusan petani sawit dari Kota Binjai dan Kabupaten Langkat tersebut menunjukkan bahwa pandemi tidak mengurangi antusiasme mereka untuk menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut. Antusiasme masyarakat tersebut didorong oleh  banyaknya masyarakat yang ingin mengetahui perihal peran dan fungsi dari BPDPKS.

Dalam kegiatan tersebut BPDPKS memaparkan mengenai peran dan fungsinya sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dibawah Kementerian Keuangan yang bertugas mengelola dana perkebunan kelapa sawit untuk menjaga keberlangsungan Industri Kelapa Sawit  sebagai komoditas strategis nasional.

Pada kesempatan tersebut BPDPKS memaparkan salah satu programnya yaitu Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan sawit tanpa menambah luas lahan.

Dengan meningkatnya produktifitas lahan sawit maka diharapkan konflik agraria dan dampak ekologis dari pembukaan lahan baru dapat berkurang tanpa mengesampingkan kesejahteraan para petani sawit.

Untuk menjawab tantangan tersebut BPDPKS mensosialisasikan Skema Pembiayaan tersebut kepada para petani sawit.

Selain itu disaampaikan pula tentang Program Pengembangan SDM Sawit, yang salah satunya adalah program Beasiswa Sawit bagi keluarga petani dan pekerja di sektor sawit.

“Sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat harus lebih sering dilakukan BPDPKS mengingat banyaknya manfaat dari adanya program tersebut dan banyaknya jumlah petani sawit di sumatera utara yang membutuhkan informasi serta pendampingan program tersebut, ”ujar H.Rudi Hartono Bangun yang juga merupakan anggota Komisi XI DPR.

Ia menyambut positif kegiatan seperti ini yang dinilai dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat terangnya.

BPDKS juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat tidak perlu takut untuk mengajukan bantuan pembiayaan sepanjang memiliki seluruh persyaratan tersebut.

Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki lahan sawit yang luas, sehingga peningkatan produktivitas lahan sawit diharapkan dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat khususnya para petani sawit.(red)
Komentar

Berita Terkini