-->

Wabup Kepulauan Meranti Said Hasyim Kunjungi Rumah Warga Tertimpa Pohon

harianfikiransumut.com : Meranti - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim dan rombongan mengunjungi rumah keluarga Muhammad Fadil, warga Desa Bokor korban rumah hancur tertimpa pohon pada Rabu dini (13/5/2020), sekaligus melakukan pemantauan penyaluran Bansos di Kecamatan Rangsang Barat kepada rumah tangga miskin dan terdampak Covid-19 diwilayah tersebut.

Turut hadir dalam rombongan Camat Rangsang Barat Ratna Juwita, Kapolsek Rangsang Barat Iptu. J.A Lubis, Kabag Kesra Meranti Hery Saputra SH, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Kabid Program Bappeda Meranti Robert, BPBD Meranti, Kades Bokor Irianto Abdullah, Kades Lemang Herman Umar beserta perangkat.

Pemkab. Meranti sangat konsen membantu warganya yang tertimpa bencana baik kebakaran, Sakit Keras serta para orang tua tak berdaya, seperti yang saat ini dilakukan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim dengan mengunjungi rumah Muhammad Fadil salah seorang anggota perangkat Desa warga RT02/RW01, Dusun Cempedak, Desa Bokor yang rumahnya setengah hancur akibat tertimpa pohon besar saat hujan dan angin kencang melanda sebagian daerah di Kepulauan Meranti pada Selasa dini hari kemarin.

Dari pantauan media dilokasi kejadian, tampak rumah M. Fadil yang terbuat dari papan dan beratapkan rumbia setengah hancur tertimpa pohon, untung saja tuan rumah ketika itu tidak berada berada didalam melainkan berkunjung kerumah saudara yang berada tak jauh dari lokasi sehingga tidak ada korban jiwa hanya menghancurkan rumah dan beberapa perabotan.

Menyikpai kejadian ini Wabup Meranti H. Said Hasyim menyampaikan rasa prihatin sekaligus menyalurkan sejumlah bantuan berupa uang tunai, Paket Sadang Pangan, Perlengkapan Makan, Paket Family Kids Rekreasional Traumatik Anak, Matras, Selimut serta peralatan belajar anak.

Tak hanya itu Wabup Said Hasyim juga menyumbangkan Seng 4 Kodi untuk membangun kembali atap rumah. Bantuan diterima oleh M. Fadil disaksikan anggota keluarga lainnya.

Usai menyerahkan bantuan kepada korban bencana selanjutnya Wakil Bupati dan rombongan bergerak menuju Kantor Desa Bokor untuk menyaksikan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa 2020 Bagi Masyarakat Miskin dan Terdampak Covid-19 di Desa Bokor, kepada 186 Warga Miskin dan Terdampak Covid-19, pada kesempatan itu Wabup melakukan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan warga.

Sekedar informasi, dari laporan yang disampaikan Kades Bokor Irianto, jumlah warga yang telah penerima Bansos yang berasal dari Pemerintah Kabupaten sebanyak 366 KK, kini kembali diserahkan BLT yang berasal dari dana Desa kepada 186 KK dan nantinya akan menyusul bantuan dari Kementrian Sosial yang disalurkan melalui Pos Indonesia.

Selain di Desa Bokor, Wabup juga memantau penyaluran Bansos Covid-19 di Desa Lemang disitu ia juga berkesemkatan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga penerima manfaat.

Dari keterangan Kades Lemang Herman Umar, jumlah warga penerima Bansos yang berasal dari Kabupaten sebanyak 72 KK, kali ini Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari dana Desa sebanyak 105 KK, dan jika tak ada aral melintang Kamis esok (14/5/2020), kembali akan diserahkan bantuan yang berada dari Kementrian Sosial untuk 31 KK warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 diwilayahnya.

Menyikapi hal itu, Wabup Meranti H. Said Hasyim berharap dari bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban rumah tangga miskin dan terdampak Covid-19 di wilayah Kapulauan Meranti khususnya Desa Lemang dan Bokor Kecamatan Rangsang Barat.

"Gunakan uang ini untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, bantuan akan diberikan sampai 3 Bulan kedepan," ujar Wabup.

Namun Wabup mengingatkan kepada masyarakat karena bantuan tersebut hanya bersifat sementara sebagai penopang ekonomi warga ditengah Covid-19 ini, untuk itu ia tetap menghimbau kepada warga agar tetap berupaya mengolah semua potensi yang ada seperti memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam. Sehingga sedikit banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup.

"Karena bantuan ini sifatnya sementara hingga 3 bulan kedepan, saya minta bapak ibu tetap berusaha memanfaatkan potensi yang ada di Desa seperti bercocok tanam, sebab hanya dengan bekerja keras dan kemauan yang tinggi kita dapat berhasil, di Arab yang merupakan padang pasir bisa tumbuh kurma dan bermacam sayuran kenapa kita yang memiliki tanah subur tidak dimanfaatkan,"ucap Wabup.

Dari pantauan media terlihat penyaluran Bansos bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kepulauan Meranti berjalan dengan aman dan lancar tanpa terjadi riak-riak seperti yang dialami beberapa daerah di Indonesia, penyerahan bantuan langsung dilakukan oleh aparatur Desa dibawah pengawasan pihak Kepolisian.
(Syaban/Karim)
Komentar

Berita Terkini