Puskesmas Panai Hilir Bersama TNI/Polri Melakukan Penyemprotan Disinfektan


harianfikiransumut.com-
labuhanbatu : Terkait antisipasi dini pencegahan mewabahnya virus Covid–19 (Corona)  Petugas Puskesmas Kota Kelurahan Sei Berombang bersama TNI/Polri pun melakukan penyemprotan Disinfektan diseluruh ruangan Puskesmas Panai Hilir  Senin pagi (23/03/2020).

Hal tersebut dibenarkan Kepala Puskesmas (Kapus) Kota Sei Berombang, Afrizal, S.Km,

“Benar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar antisipasi mewabahnya Virus Covid–19 (Corona). saat ini Puskesmas Kota Sei Berombang lagi melakukan penyemprotan Disinfektan awal. Yakni, diseluruh ruangan areal Kantor Puskesmas.

“Disinfektan suatu bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit yang pada pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan,

“Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral dan selain itu disinfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf,



“Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disinfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan. Papar Kapus Afrizal, S.Km.

Usai melakukan penyemprotan dihalaman ruang Puskesmas Kota Sei Berombang, Petugas Puskemas Kota Sei Berombang bersama TNI/POLRI bergegas ke Kantor Koramil 03/SB, selanjutnya menuju ke Kantor Polsek Panai Hilir.

Kapolsek Panai Hilir, AKP LUMUMBA SIREGAR, S.H, Menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Labuhanbatu,

“Kita apresiasi langkah cepat Pemkab Labuhanbatu, dalam antisipasi mewabahnya Virus Copid–19 (Corona). Setidaknya ini adalah upaya awal mencegah Virus yang saat ini lagi trending topik di seluruh dunia, Ucap Kapolsek.

“Disinfektan adalah upaya awal. Mari kita berdoa semoga Virus Covid·19 (Corona) dapat ditemukan obat nya, Tutup Kapolsek.

Pantauan Wartawan dilapangan. Warga Kelurahan Sei Berombang merasa senang Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu cepat tanggap dalam upaya deteksi dini pencegahan Virus Copid·19 (Corona).
(M,Syarif)
Komentar

Berita Terkini