|

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kampung Alur Bemban Gelar Pelatihan.

harianfikiransumut.com | Karang Baru : Tingkatkan kesejahteraan keluarga, puluhan Ibu-ibu Kampung Alur Bemban mengikuti pelatihan cara memproduksi Sabun, Selasa, (31/12/2019).

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh para kaum ibu dari masing-masing dusun kampung alur bemban kecamatan karang baru kabupaten Aceh Tamiang,  berlangsung di halaman gedung serbaguna Kampung setempat.

Kegiatan pelatihan membuat sabun tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat melalui anggaran dana desa 2019.

Selain itu, Informasi yang berhasil  dihimpun, jumlah peserta yang terlibat pada pelatihan itu  sebanyak 30 orang, terdiri dari kaum ibu-ibu dengan menghadirkan tiga orang pelatih yakni Eva Sari, Joni Akbar dan Ari Prabowo.
Terlihat mereka sangat antusias mengikuti pelatihan demi untuk peningkatan kesejahteraan keluarganya.

Pelatihan tersebut telah menghasilkan beberapa produk diantaranya, Sabun Cair, Sabun Cream/Colek, pewangi pakaian dan detergent cair.

Berikut bahan - bahan yang di butuhkan dalam pembuatan nya, untuk membuat sabun cair di butuhkan 1 kg lexapon 1 kg garam, 500 grm busa tepung/Sls, pewangi jeruk nipis 40 CC, pewarna hijau 1 Is dan air bersih 15 liter.

Untuk pembuatan Sabun Cream/Colek di butuhkan, Soda Api 100 gr, Abs Hitam 1 Kg, Soda Sah 500 kg, Water Glas 300 gr, STTP Sabun 100 gr, CMC 250 gr, Pewangi jeruk nipis 1 Ls dan air bersih 4 liter.

Untuk pembuatan pewangi pakaian dibutuhkan bahan berupa, Metanol 1 liter, pewangi bunga bunga 60 CC dan Cap 40 CC.

Sedangkan untuk pembuatan Detergent Cair dibutuhkan Lexapon 1 kg, garam 1 kg, pewangi bunga-bunga 60 CC, pewarna 1 Is, Cap 40 CC, tepung bisa setengah kilo dan air bersih 15 kg, (pakar).

Komentar

Berita Terkini