|

Hasil Penerimaan Siswa Baru di SMPN 1 Kota Pematang Siantar Dinilai Tebang Pilih.

harianfikiransumut.com - Siantar : Hasil pengumuman penerimaan siswa siswi baru di smpn 1 kota pematang siantar selasa (9/7) menuai reaksi buruk dimana dalam menentukan hasil seleksi tidak transparan dan terkesan tebang pilih seharusnya pihak sekolah harus terlebih dahulu mempertimbangkan jarak yang menjadi ketetapan area zonasi sehingga tidak menimbulkan konflik sehingga orang tua siswa  banyak yang kecewa karena anak nya tidak lulus dengan alasan zonasi dimana pihak sekolah juga sudah membuat aturan sarat sarat yang harus di penuhi dalam penerimaan siswa baru seperti jarak (zonasi kurang lebih 1500 Meter).

Antusias orang tua wali murid dalam melihat hasil seleksi penerimaan yang dilakukan oleh sekolah SMP N 1 Kota pematang Siantar sekitar pukul 14:00 yang tergolong sekolah favorit, berbagai ragam raut wajah para orang tua siswa/i, kelihatan setelah melihat di papan pengumuman hasil PPDB 2019 banyak yg kecewa bahkan meneteskan air mata.

Terlihat dari pantauan Media fiksum,para orang tua siswa sudah berada siang hari berkumpul di halaman sekolah dengan harapan anak mereka lolos seleksi
Seperti yang di alami ibu br Sinaga yg merasa kecewa karna anaknya tidak lolos dengan meneteskan air mata ibu ini menjelaskan kepada awak media ,saya tidak tau bagaimana sebenarnya sistem penilaian oleh panitia PPDB, SMPN 1 Kota pematang Siantar ini yang menerapkan sistem zonasi sementara kita tinggal tidak jauh dri sekolah ini hanya menempuh dengan berjalan kaki 3 menit sampai, anehnya lagi anak tetangga saya kok lolos sementara kami bertetangga kan aneh pak!! Tutur ibu ini dengan nada kesal kepada awak media.

Sementara pak anak saya nilai nya lebih tinggi daripada anak tetangga saya jadi dimana letak keadilan dalam menerapkan aturan ini jelasnya dengan nada sedih..
Hal yang serupa juga dialami Ibu br purba kepada media ini dia berkata di daerah kami ini ter khusus kec Siantar timur nyaris tidak ada yg lulus, sementara daerah jln sisingamangaraja biasa disebut jalan singa,kecamatan Siantar Sitalasari,kota pematang Siantar.

Ada anak nya yang lulus sementara klu di tinjau dri zonasi jelas jauh saya tidak paham apa tujuan pihak panitia meluluskan sesuai dengan zona, anehnya lagi pak tambahnya orang tua yang di beritahukan lewat wa bahwa ada pemberitahuan pergantian no peserta ternyata setelah di ganti no peserta tidak lulus sementara yang no peserta yang lama lulus dan di gunakan kepada yang lain, hal ini terjadi menjelang pengumuman hasil seleksi PPDB SMPN 1 KOTA PEMATANG SIANTAR.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Pematang Siantar Edianto Saragih SPD, NIP 196511221989031008. menjelaskan bahwa kita menerapkan sistem zonasi dimana jarak 1500km itulah yang memenuhi sarat penerimaan siswa baru di sekolah ini, ada beberapa sistem yg kita terapkan seperti jalur prestasi, dan jalur umum juga ada yang pindah tugas baik PNS,TNI polri maupun swasta.

Nah panitia menilai dari KK lalu di cocokkan ke geogle maps untuk di lihat jarak dari tempat tinggal ke sekolah ini, jadi mohon maaf pengumuman ini mutlak tidak bisa di ubah lagi dan kami hanya menerima siswa/i sekitar 346 siswa siswi dengan ruang belajar 11 lokal dengan kapasitas per lokal 30 sampai 32 siswa siswi dengan tambahan yang tinggal kelas ada 6 orang tahun 2019, mohon maaf bagi yg belum lolos coba cari sekolah lain yang masih kosong.tutur kepala sekolah.

Sementara kepala dinas pendidikan kota pematang Siantar Edinuah Saragih ketika di hubungi melalui telepon selulernya tidak ada jawaban sampai berita ini di tayangkan.(red)
Komentar

Berita Terkini