|

Melaksanakan Safari Ramadhan ke Kecamatan Bukit Batu

harianfikiransumut.com - Bengkalis : Tepatnya di Masjid Al-Muhtadin Desa Sungai Selari pada Ramadhan ke lima, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyerahkan santunan dan Bantuan kepada 123 penerima Jumat malam, 10 Mei 2019.

Penyerahan santuanan dan bantuan tersebut dilakukan Mantan Kepala Desa Muara Basung ini usai melaksanakan Sholat Terawih berjamaah.

Bantuan dan santunan Pemkab Bengkalis terdiri dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) kepada 25 orang anak yatim dan 25 orang kaum duafa. Melalui Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) untuk anak yatim 40 orang dan kaum duafa 20 orang. Serta bantuan dari Baznas Kabupaten Bengkalis sebanyak 10 orang.

Dilanjutkan bantuan kepada rumah 3 rumah ibadah, yakni Masjid Al-Muhtadin Desa Sungai Selari, Masjid Al-Huda Desa Batang Duku serta Mushala Jamiatul Mukhlisin Desa Sungai Sari yang masing-masingnya mendapatkan 50 Al-Quran, papan informasi dan jam digital waktu sholat serta bantuan CSR Bank Riau Kepri cabang Kabupaten Bengkalis sebesar Rp30.000.000.

Kemudian dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan sertifikat akreditasi B dari Mentri Sosial Republik Indonesia kepada Panti Asuhan Al-Fajar Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Camat Bukit Batu Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang telah memberikan sejumlah bantuan di Kecamatan Bukit batu.

“Mudah-mudahan bantuan dan santunan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami ucapkan terima kasih atas apa yang telah diberikan dan terima kasih atas kunjungan Bapak Bupati Bengkalis ke Kecamtan Siak Kecil,” ucap Camat Mulyadi.

Hadir dalam Safari Ramadhan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kepala Disdagperin Raja Arlingga, Kepala Kesbangpol Hermanto Baran, Kepala Bapenda Imam Hakim, Kepala DLH Arman AA dan Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis lainnya.

BUKIT BATU – Program televisi swasta bernama Hafiz Indonesia yang menampilkan kemampuan anak-anak dalam melafalkan dan menghafal rangkaian ayat-ayat Al-Quran menjadi salah satu tontonan yang paling populer di Indonesia pada bulan Ramadhan.

Program kompetisi yang hanya disiarkan pada bulan suci Ramadhan ini diikuti oleh ribuan anak dari berbagai daerah untuk menemukan yang terbaik.

Ada dua peserta Hafiz Indonesia yang berasal dari Kabupaten Bengkalis. Yakni Annisa Azzahra dari Kecamatan Bukit Batu dan Humaira dari Kecamatan Bengkalis.

Kedua anak sholehah ini bahkan hadir pada Safari Ramadhan di Masjid Al-Muhtadin Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu.

Tak hanya hadir, bahkan keduanya tampil di hadapan Bupati Amril dan seluruh tim Safari Ramadhan keempat di Kabupaten Bengkalis ini.

Kefasihan hafidzah cilik kebanggaan negeri junjungan ini membuat seluruh orang yang mendengarkannya hanyut menghayati setiap lantunan ayat Al-Quran yang keluar dari mulutnya.

Bupati Amril mengajak masyarakat Kabupaten Bengkalis, untuk mendukung dan mendoakan agar keduanya sukses dan mengharumkan nama kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini di ajang kompetisi Hafiz Indonesia 2019.

“Kami, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengajak kepada kita semua, masyarakat Kabupaten Bengkalis, untuk mendukung dan mendoakan ananda berdua agar sukses dan berjaya mengikuti kompetisi hafidz dan hafidzah cilik se-Indonesia yang sedang berlangsung di bulan suci Ramadhan ini,” ajak Amril.

Kepada Annisa Azzahra yang berusia 8 tahun dengan hafalan 30 juz dan Humaira, 9 tahun dengan hafalan 7 juz Bupati Amril berharap menjadi contoh bagi para generasi muda agar selalu berkutat dengan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap ananda berdua dapat menjadi contoh bagi generasi muda Kabupaten Bengkalis khususnya, agar menjadi generasi Qur’ani yang berakhlak mulia,” ucap Amril.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Amril memberikan sagu hati agar dapat memotvasi kedua hafizah ini.

BUKIT BATU – Lewat Safari Ramadhan di Kecamatan Bukit Batu Jum’at, 10 Mei 2019 Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak umat Islam untuk menunaikan kewajiban membayar zakat.

“Mari kita kuatkan niat untuk melaksanakan ibadah zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurna,” ajak Bupati Amril dihadapan warga Desa Sungai Selari.

Kemudian Bupati Amril mengajak masyarakat menyalurkan pembayaran zakat melalui Lembaga Amil yang dikelola pemerintah agar zakat yang terhimpun dapat menjadi kekuatan finansial yang besar bagi usaha memperbaiki kehidupan sosial umat Islam.

“Kita perlu juga meningkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum duafa,” lanjutnya.

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis melalui Wakil III, Suhaili mengatakan bahwa Sesuai ketentuan undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Baznas ditunjuk untuk mengelola nya.

“Untuk penyaluran kami berpedoman PerBaznas (Peraturan Baznas nomor 3 tahun 2018) tentang pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Sedangkan untuk mustahik 8 golongan sesuai ketentuan Al-Quran surah taubah ayat 60,” terangnya.

Suhaili mengungkapkan Baznas selalu melakukan survei dan memperhatikan persyaratan bagi si penerima bantuan. Seperti adanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa setempat.

“Penyaluran kami utamakan untuk produktif. Kalau kosumtif ini terbatas khusus ramadhan kami ikut bersama bupati saat safari hanya bersifat kosumtif,” lanjutnya.

Hadir dalam Safari Ramadhan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Bukit Batu Mulyadi, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kepala Disdagperin Raja Arlingga, Kepala Kesbangpol Hermanto Baran, Kepala Bapenda Imam Hakim, Kepala DLH Arman AA dan Sejumlah Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.       
                 
Pada Safari Ramadhan ke empat orang nomor satu di Negeri Junjungan ini juga melakukan penyerahan santunan dan bantuan kepada anak yatim, kaum duafa dan sejumlah masjid di Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu.#Diskominfotik
(Uje)
Komentar

Berita Terkini