Group Fishing Expert Aceh Tamiang Selenggarakan Lomba Memancing Antar Kabupaten


HARIANFIKIRANSUMUT.COM - Aceh Tamiang : Sebanyak 50,45 Kg ikan berhasil dikumpulkan pada lomba mancing yang diselenggarakan oleh Grup Fishing Expert berkerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang, bertempat di perairan Tanjung Keramat Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (28/4).

Lomba mancing ini merupakan rangkaian Kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke 17 tepatnya pada 10 April 2019 lalu,  Lomba memancing tersebut  diikuti oleh 28 tim Grup pemancing yang ada di Aceh Tamiang serta dari Kota Langsa dan Aceh Timur.

Kegiatan lomba mancing ini terdiri dari 4 orang dengan 2 Armada boat untuk dalam satu timnya, para peserta diwajibkan membawa alat menangkap ikan seperti pancing dasar, trawling dan umpan secukupnya, kata Saiful Sebagai Ketua Panitia pada sambutan pembukaannya.

Selain itu, kepada peserta lomba mancing di berikan waktu selama lebih kurang 7 jam dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB sudah tiba dilokasi start awal, untuk mengadu ketangkasan dan keberuntungannya dalam menangkap ikan dengan jenis ikan kelas ( besar ) seperti ikan kakap, krapu, tenggiri, barakuda, jinaha dan tengar sesuai targetnya.
Sedangkan untuk ikan non kelas, akan dihitung bagi pemancing yang mampu mengumpulkan dan menangkap ikan paling terbanyak, jika batas waktu yang telah ditentukan tidak ditepati maka peserta lomba mancing akan diberikan sanksi atau diskualifikasi, sebut Syaiful.
Kemudian bagi Pemenang nantinya akan ditentukan berdasarkan dua katagori, yakni ikan berkelas dan ikan non berkelas(Campuran) yang tidak dicampur, saat penimbangan  ikan berkelas ditimbang masing masing jumlah hasil tangkapan.
Jika peserta memperoleh jumlah berat total ikan yang sama, maka akan ditentukan berdasarkan jumlah keseluruhan ikan (ekor) yang diperoleh, ujarnya.

Selanjutnya bagi pemenang akan menerima uang tunai masing masing untuk juara I ikan kelas sebesar Rp.3 juta, Juara II Rp 2 juta dan Juara III Rp.1 juta. Sementara untuk hadiah Ikan non Class juara 1 sebesar Rp.1.5 Juta, Juara II Rp.1 Juta dan Juara III Rp.750 ribu.

Bagi peserta selain para juara yang mendapatkan Tropy bergilir, panitia  juga menyediakan hadiah dan Door Prize untuk para peserta yang beruntung.

"Kita harapkan dari kegiatan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, momen ini juga untuk memperkenalkan bahwa di Aceh Tamiang memiliki hutan Manggrove yang sangat luas," tutur Saiful Alam.

Jika Fishing Expert ini berjalan sukses dan lancar, kita rencanakan pada Bulan Agustus 2019 akan  digelar even yang sama sekaligus diikuti dengan kegiatan sosial seperti penanaman Pohon Manggrove yang diperbantukan Mahasiswa, Pramuka, masyarakat dan bekerjasama dengan KPH, tutup Ketua Panitia yang kerap melakukan kegiatan positif di Aceh Tamiang dan sukses.

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang Safuan,SP saat penyerahan hadiah kepada pemenang mengatakan, lomba memancing ini merupakan kegiatan yang sangat menarik dan bermanfaat.

Selain untuk pengembangan pariwisata, juga dapat memasyarakatkan program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan produksi ikan yang tentunya berimbas pada kesejahteraan nelayan, masyarakat terutama kalangan ibu-ibu selalu menyediakan ikan sebagai salah satu menu dalam keluarga, karena ikan banyak mengandung Omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan anak, jelasnya.

Safuan juga mengatakan agenda lomba memancing ini akan dimasukkan dalam agenda tahunan Kabupaten Aceh Tamiang yang akan dirangkaikan dalam kegiatan hari Jadi Kabupaten, Insya Allah kedepan hadiah yang diperebutkan oleh peserta akan lebih besar 3 kali lipat dari yang sekarang, tambahnya.

Berikut nama - nama Tim sebagai pemenang lomba mancing diantaranya, tim Pancing Sakti Rantau Aceh Tamiang berhasil meraih sebagai Juara Umum dengan hadiah berupa tropi bergilir dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang
Sedangkan tim yang mendapatkan Juara 1 untuk jenis ikan berkelas diraih oleh Tim Bayeun Fishing Club, untuk Juara 2 di raih oleh Pancing Sakti dan untuk Juara 3 di raih oleh tim Mancing Kece.

Kemudian untuk jenis Ikan Non Kelas, Juara 1 oleh Tim Empat Sekawan Perkebunan Upah dengan berat hasil tangkapan 8 Kg, juara 2 oleh Tursia Fhising Tanjung Karang berat tangkapan 7.8 Kg, juara 3 Tim Gaplek Rantau dengan berat tanggakapan 5 kg.(pakar).
Komentar

Berita Terkini