LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

RS.Jiwa Tampan Pekanbaru Bangun Sistem Pelayanan Standar Nasional

Jumat, 01 Maret 2019 | 10.42 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Pekan Baru ; Salah satu kebutuhan terpenting untuk mewujudkan pembangunan manusia adalah bidang kesehatan. Hal itu menjadi acuan dasar bagi Pemprov Riau untuk meningkatkan Index Pembangunan Manusia ( IPM ) Riau, khusunya melalui Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru yang kini telah menghadirkan Gedung baru dengan berbagai fasilitas yang berstandar Nasional,
 Kamis, (28/02).

Pembangunan Gedung baru, yang diberi nama Gedung Rawat Jalan Poliklinik RS. Jiwa Tampan Pekanbaru  diharapakan dapat memberikan pelayanan kesehatan Jiwa manusia, khususnya masyarakat Provindi Riau, sebagaimana diharapakan oleh Gubernur Riau saat itu, Andi Rachman  karena biaya yang telah digelontorkan pun, tak tanggung-tanggung, yaitu 30 Milyar Rupiah.

Selain dibangun dengan anggaran yang fantastis tersebut, Gedung baru yang berfungsi sebagai Poliklinik itu juga menambah kesan pemandangan yang mewah dan indah bagi masyarakat Pekanbaru, dimana seiring dengan kemajuan teknologi era kekinian, pelayanan yang serba canggih pun menjadi andalan RS. Jiwa Tampan. Atas hal itu, Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi pun dalam kesematan saat meresmikan Gedung tersebut menyatakan kebangganya atas keberhasilan pemprov Riau dalam memberikan layanan yang optimal.

“Riau senantiasa akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan kesehatan di RSJ Tampan sesuai dengan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 2018, sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit,” kata Hijazi saat itu.

Menurutnya, pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan.

Karena itu, Pemprov Riau senantiasa berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau melalui pelayanan kesehatan yang layak. Salah satunya adalah dengan pembangunan gedung baru Poliklinik RSJ Tampan yang terletak di Jalan HR Subrantas Kota Pekanbaru.

“Pemprov Riau senantiasa akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan kesehatan di RSJ Tampan sesuai dengan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 2018, sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit,” papar Hijazi.

Adapun Poliklinik yang tersedia didalam Gedung baru Poliklinik RS. Jiwa Tampan adalah berjumlah 16 Poliklinik sebagai berikut.

Klinik Spesialis Jiwa Lansia
Klinik Gangguan Mental Organik
Klinik Psikiatrik Forensik
Klinik Psikologi dan Psikometri
Klinik Tumbuh Kembang Anak dan Remaja
Klinik IPWL / Napza
Klinik Spesialis Penyakit Dalam
Klinik Spesialis Syaraf
Klinik Spesialis Anak
Klinik Konsultasi Keperawatan Jiwa
Klinik Kesehatan Gigi dan Mulut
Klinik VCT
Klinik Konseling dan Psikoterapi
Klinik TB Dot’s
Klinik Umum
Klinik Rehabilitasi Medik

Atas peningkatan pelayanan, dan fasilitas dibidang kesehatan jiwa ini, Direktur RS. Jiwa Tampan Dr. Hasnelly Juita, MM menjawab pertanyaan koresponden media ini memberikan pernyataanya, manfaat dari hadirnya gedung baru poliklinik rawat jalan disebutnya karena gedung tersebut telah sesuai standar pelayanan dan fasilitas penanganan kesehatan jiwa.

"Antara lain pelayanan, terhadap masyarakat lebih optimal dengan fasilitas yang lebih memadai dari sebelumnya, tempat pelayanan pasien  yang terpisah antara jiwa dan non jiwa, dewasa dan anak, sesuai dengan standar akreditasi RS. Jiwa sudah mulai terpenuhi," jelasnya.

Selanjutnya Hasnelly, Direktur RS. Jiwa Tampan Pekanbaru ini, juga mengatakan harapanya dengan adanya gedung baru, kunjungan untuk pelayanan masyarakat akan bertambah, karena menurutnya stigma RS. Jiwa  yang tidak nyaman dan menakutkan akan berubah.

"Hal lain adalah dukungan pemerintah untuk menempatkan dan meningkatkan SDM yang terus berkwalitas akan lebih banyak di RS.Jiwa untuk mendukung layanan yang lebih optimal," tutupnya.(Feri Sibarani)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru