LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Plt. Sarkawi Tanam Pohon dan Lepas Peserta Camping Serta Pendaki

Selasa, 02 Oktober 2018 | 13.33 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:

harianfikiransumut.com - Bener Meriah : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Abuya Tgk. H Sarkawi melakukan penanaman pohon di kompkek kawasan wisata Burni Telong serta melepas peserta Pendaki Masal Ekspedisi Burni Telong yang merupakan rangakaian Gayo Alas Montain Internasional (GAMIFest) di Kampung Rembune Kecamatan Timang Gajah, Sabtu (29/9/ 2018).
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M. Si selaku Ketua Panitia penyelenggaran tingkat kabupaten acara dimaksud dalam sambutan dan lapiranya menyampaikan bahwa pelaksanaan event Pendakian Masal dan Ekspedisi Burni Telong ini telah diumumkan kepada publik sejak pada satu bulan belakangan ini dan mendapat respon dan antusias peserta lokal maupun daerah lainnya di Aceh bahkan se-Sumatera.

“Khusus untuk peserta camping di sekter 3 pencinta event pendakian Burni Telong ini begitu antusias, oleh karena baru dua hari saja diumumkan langsung penuh,”. “Bahkan melihat penomena antusuasnya oesetta dari luar daerah yang begitu antusiasnya, kami berharap dan meminta masyarakat lokal jangan hanya menjadi penonton,” pinta Kadis Pariwisata Bener Meriah ini.

Kadis Pariwisata Aceh Amiruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah pusat membuka pintu masuk pembangunan di empat kabupaten di Aceh yaitu Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah melalui GAMIFest yang pelaksanaannya didelegasikan Menteri Pariwisata kepada pihak Dinas Pariwisata Provinsi Aceh.

Amiruddin juga menyebukan bahwa pihaknya Dinas Pariwisata Aceh akan menjanjikan hal yang besar, namun yang terpenting bagaimana mengemas pariwisata ini dengan baik.

“Melihat Burni Telong ini, sangat berpotensi dijadikan Pariwisata Pertanian yang dapat dikemas dengan baik tanpa mengesampingkan nilai-nilai syari’at Islam dan kearufan lokal, oleh sebab itu kita mengharapkan di puncak Burni telong ini nantinya ada yang melantunkan ayat suci dan mengumandangkan Azan,” harap Amiruddin.

“Pemerintah Aceh juga mendukung sepenuhnya setiap daerah di 23 Kabupaten untuk mengembangkan pariwisatanya. Karena apabila suatu daerah dapat menata dan mengelola objek wisatanya maka daerah tersebut dapat meraup penghasilan daerah serta dapat mensejahterakan masyarakatnya”, tambah Amiruddin lagi.

Sementara Plt. Bupati Bener Meriah Abuya Tgk. H. Sarkawi dalam sambutan dan arahannya mengatakan pihaknya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah sanggat mengapresiasi antusias masyarakat dalam mengikuti ekspedisi Burni Telong.

Abuya Tgk. H. Sarkawi berharap agar kegiatan ini dijaga baik dengan agar tidak mengotori tujuan baik dari event ini serta meminta peserta senantiasa menjaga kelestarian alamnya.

“Ini kegiatan yang baik, untuk itu jaga dengan baik sesuai dengan syariat islam yang berlaku,” demikian sebut Abuya.

Sebelum melepas peserta untuk nelakukan pendakian Burni Telong pada event ini, Plt. Bupati Bener Meriah yang turut didamoingi unsur Forum Koirdinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten serta Kepala SKPK dan Para Camat ini juga melakukan penanaman pohon di komplek pintu gerbang utama memasuki area pendakian Burni Telong yang saat ini sedang dilakukan pembangunan beberapa fasilitas pendukung dinasti wisata Burni Telong, Kampung Rembune Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah yang sangat eksotis, indah serta kaya akan flora dan fauna ini.

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti Pendakian Masal dan Ekspedisi Burni Telong kali ini berjumlah 600 orang lebih dan 100 tenda camping di selter 3 Burni Telong (29-30/2018). (Dasa)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru