LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Dinas Syariat Islam gelar Festival Anak Sholeh

Senin, 10 September 2018 | 14.22 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:

Aceh Tamiang.- harianfikiransumut.com : Sebanyak 180 Pelajar tingkat TK/RA dan SD/MI ikuti festival anak Sholeh dan Sholehah yang di selenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang,(10/09)

Festival Anak Sholeh tersebut di buka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafudsin, ST dengan sambutannya menyampaikan Festival Anak Sholeh (FAS) merupakan Pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKA), maupun Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) .

Dalam hal ini maka diperlukan pembinaan yang lebih massif dalam hal peningkatan kemampuan seni baca Al-Quran melalui Lembaga Pendidikan Al-Quran sebagai lembaga non formal yang bergerak dalam bidang baca tulis Al-Qur'an.

Pada tingkat usia kanak - kanak berusia 5 Samapi 12 tahun yang sangat krusial guna melahirkan geneari qur-ani sebagai asset agama dan bangsa untuk menjadi tokoh pemuda dan agama di masa mendatang.

Wakil Bupati mengatakan "Jika anak-anak tumbuh menjadi anak sholeh dan sholehah, maka masalah pergaulan bebas dan narkoba tidak akan terjadi, kegiatan ini benar-benar berpotensi menyelamatkan moral anak Indonesia khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang.

Selain sebagai wadah dalam membentuk generasi yang mencintai ajaran agama dan mengamalkan nilai-nilai Islami, kegiatan ini juga dapat memperkokoh jalinan silaturahmi, untuk mewujudkan ukhuwah Islamiyah, tambahnya.

T. Nasfi saat di temui awak media di ruang kerjanya mengatakan bahwa festifal ini diikuti oleh siswa/i di tingkat TK sederajat dan SD sederajat dengan jumlah peserta sebanyak 180 orang, 16 Sekolah SD sederajat dan 15 sekolah tingkat TK sederajat.

Pada Festival anak Sholeh diwarnai dengan 6 perlombaan, mulai Lomba hapalan Surat pendek, Lomba mewarnai, lomba Pidato, lomba Tilawah dan Tartil dengan tim juri berasal dari Dinas Syariat Islam, MPU dan Dinas Pendidikan.

Bagi pemenang lomba, akan di berikan hadiah berupa Trophy penghargaan serta uang tunai Rp. 700.000 untuk pemenang Pertama, Rp.600.000 untuk pemenang lomba kedua dan Rp.500.000 untuk pemenang lomba ketiga, sebagai dana pembinaan bagi para pemenang lomba, Kepada peserta yang tidak menang juga akan di berikan apresiasi, saat di singgung tentang anggaran, Kegiatan ini menggunakan anggaran sebesar Rp.50 juta dari APBK sesuai dengan usulan program Dinas Syariat Islam, jelas Kadis syariat Islam.

Melalui kegiatan ini, T.Nasfi berharap, sebagaimana apa yang di sampaikan oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang sebelumnya, agar dapat terciptanya anak anak yang shaleh dan shalehah sehingga dapat membantu orang tua serta dapat melahirkan generasi shaleh dan berakhlakul karimah,tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, T. Insyafudsin, ST Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Nasfi Kepala Dimas Syariat Islam, Muhammad Syah Kabid Guru dan kependidikan di Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Syafaruddin Ketua BKPRMI Aceh Tamiang, IPDA Tarmidi Kapolsek Kecamatan karang baru, Mukim Kampung Bundar serta para guru Agama dan peserta lomba,(pakar)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru