LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Antisipasi DBD, Masyarakat Kampung Alur Bemban Bergotong royong

Minggu, 16 September 2018 | 21.22 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
Aceh Tamiang - harianfikiransumut.com : Masyarakat laksanakan Gotong royong secara massal membersihkan Parit dan perkarangan rumah warga yang di anggap rawan guna mengantisipasi datangnya penyakit di Kampung Alur bemban Kecamatan Karang baru Kabupaten Aceh Tamiang(16/09).

Misnan Datok Penghulu(Desa - red) Kampung Alurbemban mengatakan Kegiatan gotong royong ini merupakan program yang telah disepakati oleh seluruh desa pada rapat Lokmin Kesehatan serta  merupakan kegiatan turun temurun guna dilakukan oleh warga guna tercapainya lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman untuk terhindar dari penyakit, terutama penyakit demam berdarah yang saat ini sedang mengancam.

Gotong royong bersama ini dilakukan di tiga dusun terutama pada titik - titik rawan dianggap  tempat sumbernya penyakit, berupa Parit, tumpukan sampah, genangan air diperkarangan rumah warga dan didalam Kampung setempat, ucapnya Misnan sembari membersihkan parit.

Misnan menjelaskan, selain untuk mengantisipasi datangnya penyakit, gotong royong ini juga dapat menghindari banjir pada saat turunnya musim hujan, kegiatan ini juga untuk membudayakan gotong royong di lingkungan Kampung/desa.

Kegiatan ini dilakukan secara swadaya Masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan sebagai pemicu kesadaran bagi aparat desa untuk lebih meningkatkan kepedulian akan pentingnya gotong royong dalam menjaga kebersihan desa, tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Sertu Marcelius Migo Bhabinsa Koramil 02/Krb yang juga ikut bergotong royong mengatakan pada prinsipnya Kita harus menjadi contoh kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat lingkungan kita sebaik - baiknya, Karena di saat musim penghujan ini pasti banyak bibit - bibit penyakit yang mungkin bisa menyerang kita, terutama DBD dan diare yang harus kita waspadai, karena sangat rentan terjadi kepada Balita dan anak - anak dikeluarga kita.

Untuk itu mari Kita galakan gotong - royong ini menjadi rutinitas kita, kalau bukan kita yang berbuat siapa lagi karena bersih itu adalah sebagian dari Iman, paparnya.

Kegiatan Gotong royong tersebut turut serta Datok Penghulu(Kepala Desa-red), Ketua MDSK dan anggota, Bhabinsa Koramil 02/Kbr, Sekdes  para perangkat Kampung, tokoh masyarakat dan Masyarakat setempat,(pakar).

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru