KIP Aceh Tamiang Sosialisasikan Pemilu 2024

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang Sosialisasikan Pemilihan Umum Tahun 2024 bersama insan Pers bertempat di WD Coffee Desa Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu, (23/12/2023) malam.

Kegiatan tersebut dibuka dan dipandu langsung oleh Kepala Sekretariat KIP Aceh Tamiang, Achmad Yuhardha, S.STP dengan menghadirkan narasumber Komisioner KIP Aceh Bidang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Dan Partisipasi Masyarakat KIP Aceh, Hendra Darmawan.

Mengawali sambutannya, Hendra Darmawan sangat mengapresiasi atas atas kinerja KIP Aceh Tamiang yang telah membangun kerjasama dengan insan pers dalam mensosialisasikan Pemilu 2024.
KIP Aceh Tamiang salah satu Kabupaten yang terbaik dalam membangun kerjasama dengan Insan Pers, meskipun KIP Aceh Tamiang belum memiliki komisioner.

Ini merupakan perdana baginya bisa hadir di kabupaten Aceh Tamiang menjadi narasumber dalam agenda sosialisasi Pemilu 2024, sebutnya.

Ia juga mengatakan, bahwa sosialisasi pemilu 2024 ini bukan hanya tugas KPU, KIP Aceh dan Komisi Independen Pemilu Aceh Tamiang saja, akan tetapi sudah menjadi tugas kita bersama, pemerintah, stakeholder juga instansi terkait dan insan pers untuk menjaga integritas bangsa agar tidak terjadi terpecah belah.
Peran pers dalam Pemilu bukan hanya pada saat tahapan berjalan saja, namun setiap saat perlu dilakukan sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat.

Dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, maka diperlukan pemikiran - pemikiran yang positif dan baik agar pemilu 2024 dapat berjalan dengan sukses.

Hendra juga menyampaikan bahwa, nantinya KIP yang ada di kabupaten - kabupaten di Aceh akan diberikan penghargaan berupa sertifikat kepada Kabupaten yang terbaik dalam menyampaikan informasi kepada publik baik media internal yang dimiliki oleh KIP maupun media eksternal (cetak, online dan elektronik) hasil dari kerjasamanya.

Kemudian, Hendra Darmawan juga mengatakan, untuk mewujudkan Pemilu yang demokrasi, tidak terlepas dari tiga unsur penting dalam pengelolaan pemilu, yakni meliputi, Pra pemilu, Pelaksanaan Pemilu dan Pasca Pemilu, tuturnya.

Ia menambahkan bahwa salah satu indikator kesuksesan penyelenggara Pemilu adalah dengan ada keterlibatan Insan pers dan media pers yang akan selalu menyampaikan informasi pendidikan politik kepada masyarakat Aceh, ungkap Hendra Darmawan.

Kegiatan sosialisasi tersebut turut diwarnai dengan sesi tanya-jawab seputar proses pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.(Abdul Karim)
Komentar

Berita Terkini