Pemkab Madina Gelar Gerak Pangan Murah

harianfikiransumut.com | Madina -Dalam rangka hari Pangan Sedunia, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) melalui Dinas Ketahan pangan menggelar gerak pangan murah serentak, Senin (16/10/2023).

Gerak pangan murah serentak yang digelar di pelataran Masjid Raya Assyuhada'a, Desa Gunung Tua, Kecamatan Panyabungan menurunkan 7 ton beras dengan harga Rp.57.000/ 5 kg nya. Setiap warga hanya bisa dapat jatah paling banyak 3 karung saja ukuran 5 Kg. 

Pasar murah beras dalam rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia ini dibuka langsung Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi.

Dihadapan warga yang mengantri, Atika menyabut kehadiran Pemerintah di tengah tengah masyarakat disaat harga beras naik.

"Bukan karena Hari Pangan Sedunia nya kami datang, namun memang sudah wajar Pemerintah hadir di masyarakat," kata Atika.

Dikatakan Atika Azmi kenaikan harga beras disebabkan tidak banyaknya daerah lumbung beras yang produksi akibat gagal panen karena dampak Elnino.

Iapun sempat berkelakar ke warga.
 
"Jangan nanti saya dikatakan jual beras ya,"  ini adalah program Pemerintah Pusat ke Daerah," Sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Madina Taufik Zulhendra Ritongan memastikan Baras yang di pasarkan ke warga sudah melalui proses pemeriksaan laboratorium.

"Meski beras ini berasal dari negara vietnam, namun beras ini telah terlebih dahulu melalui proses pemeriksaan di Laboratorium, kemudian masuk ke gudang bulog baru ke warga, jadi beras dipastikan aman dan jangan di sangsikan lagi," kata Taufik.

Beras ini kata Taufik adalah beras cadangan Pemerintah, kalapun ada yang barkembang bahwa adanya beras plastik, Ia pastikan beras Bulog ini jangan ada keraguan dari warga karena mutu dan kualitas beras yang di pasarkan sama dengan beras lokal. ini sudah tertata rapi secara laboratorium baru bisa lepas ke Kabupaten Kota.

Dari data Dinas Ketahanan Pangan Madina, sejak harga beras naik, Pemerintah telah melaksanakan 6 kali pasar beras murah. tertotal sudah 42 ton beras bulog yang di turunkan untuk membantu warga ditengah tengah naiknya harga beras.(Rahman nasution).
Komentar

Berita Terkini