Ali Umri Bacaleg DPR RI dari PKB Dapil Sumut III

harianfikiransumut.com | Medan - Mantan Ketua NasDem Sumut H.M Ali Umri SH.MKn dikabarkan sudah memakai jaket PKB pada saat ini. Berikut profil Ali Umri dalam kancah perpolitikan di Sumatera Utara.

Pria bernama lengkap, Muhammad Ali Umri merupakan kelahiran Rantau Parapat, Labuhan Batu pada 9 April 1966 silam. Meskipun lahir di Rantau Parapat, Ali umri tumbuh besar di Kota Binjai.

Ali Umri merupakan lulusan ilmu hukum dari salah satu kampus swasta di Medan tahun 1991. Kemudian meraih magister kenotariatan pada tahun 2004 di Universitas Sumatera Utara.

Ia memulai karir politiknya dengan bergabung ke Partai Golkar pada tahun 1999. Setahun berselang, Ali Umri langsung bertarung menjadi calon Wali Kota Binjai bersama wakil nya H.Anhar A Monel.

Keduanya sukses memenangkan pemilihan saat itu, dan memimpin Kota Binjai selama dua periode. Ali Umri menjadi Wali Kota Binjai ke-15.

Pada tahun 2004, Ali Umri dipercaya menjadi Ketua Golkar Sumut sampai tahun 2009. Belum tuntas sebagai Wali Kota Binjai, Ali Umri mencoba peruntungan maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2008.

Ia maju bersama Maratua Simanjuntak, yang saat ini menjadi Ketua MUI Sumut, keduanya didukung oleh Partai Golkar. Pilgub Sumut saat itu diikuti oleh lima pasang calon dan pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pujonugroho didukung PPP, PKS dan PBB keluar sebagai pemenang.

Kemudian, tahun 2011 Ali Umri pindah dari Golkar dan memilih bergabung bersama NasDem besutan Surya Paloh. Tahun 2014, ia terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili NasDem dari Dapil Sumut III.

Setahun berkantor di Senayan, Surya Paloh memindahkan tampuk kepimpinan NasDem Sumut dari Ali Umri ke Tengku Erry Nuradi. Saat itu, Tengku Erry Nuradi menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Pada tahun 2019, Ali Umri mancaleg lagi, namun dia gagal untuk duduk di Senayan. Tak ada kabar setelah sekian tahun, pada saat ini  Ali Umri dikabarkan Telah bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa pimpinan Muhaimin Iskandar.

Hal itu diketahui dari susunan acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 dan buka puasa bersama PKB Sumut. Acara tersebut diketahui berlangsung di salah satu hotel di Kota Medan.

Sesi pemakaian jaket ke Ali Umri yang juga mantan Ketua Nasdem Sumut di lakukan oleh Ketua PKB Sumut, Muhammad Ja'far Sukhairi Nasution pasa saat itu. Ja'far memakaikan jaket tersebut kepada Ali Umri.

Pada saat ini H.M Ali Umri SH.MKn telah terdaftar sebagai Bacaleg DPR RI dari partai Kebangkitan Bangsa Dapil Sumut III meliputi Kota Binjai,Langkat,Tanah karo,Dairi,Pakphak barat, Simalungun, Pematang siantat,Asahan dan Batu bara.(Red/Rom)
Komentar

Berita Terkini