Sebanyak 8 Unit Rumah Warga Sei Sarimah Rusak Di Tercang Angin Puting Beliung

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi-Bencana angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Dusun Ampera Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan, Bandar Khalifah, Kabupaten Sergei, Selasa (22/8/23)

Sebanyak delapan unit rumah milik warga di Dusun Ampera Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan, Bandar Khalifah, Kabupaten Sergei disapu angin puting beliung, akibatnya rumah warga mengalami kerusukan dan mengalami kerugian material. Namun tidak ada korban jiwa dalam bencana angin puting beliung tersebut.

Adanya bencana angin puting beliung tersebut dibenarkan Kasi Humas Polres Tebing Ting, AKP Agus Arianto, Selasa siang (22/8/23) kepada wartawan.

"Benar, kejadian itu diketahui sekitar pukul 19.30 Wib pada Selasa 22 Agustus 2023,  sebayak 8 Unit rumah warga di di Dusun Ampera Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan, Bandar Khalifah, Kabupaten Sergei disapu angin puting beliung, namun tidak ada korban jiwa. Tapi dampak becana tersebut warga mengalami kerugian mayeterial," ungkap AKP Agus.

Disebutkan AKP Agus, ada pun identitas 8 rumah korban warga Dusun Ampera, Desa Gelam Seiserimah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagei ( Sergei) yang tersapu angin puting beliung yakni, Pendi Sitohang (59)  mengalami kerugian material Rp. 1.500.000.- (satu juta lima ratus ribu rupiah),  Gustap Parhusip (60) mengalami

Kerugian Rp. 12.000.000.- (dua belas juta rupiah), Tiominar Boru Samosir (50) 

Kerugian Rp. 2.500.000.- (dua juta lima ratus ribu rupiah).


Selain itu, Robert Samosir (42), 

Kerugian Rp. 15.000.000.- (lima belas jita rupiah), Fransius Manurung (32) 

Kerugian Rp. 5.000.000.- (lima juta rupiah), Marion Parhusip (43) 

Kerugian Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah).Serta, Sumarlin Sitanggang (48) Kerugian Rp. 4.000.000.- (empat juta rupiah) dan Bumbun Erlina Boru Sitorus (54) Kerugian Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah).

Dijelaskan AKP Agus, sebelum bencana angin puting beliung datang, Awalnya

Pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2023, sekira Pukul. 19.30 Wib, cuaca di Dusun Ampera, Desa Gelam Seiserimah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagei terjadi angin yang cukup kecang di susul dengan turunnya hujan yang lebat, yang dimana keterangan dari para korban sewaktu berada di dalam rumah melihat ke atas atap / seng rumah korban sudah terangkat oleh angin, dan beberapa dari rumah korban ada yang turut terangkat seng dan kayu rangkanya dari atap rumah para korban. 

"Akibat dari kejadian tersebut para korban dan beberapa warga yang tidak berdampak musibah berusaha menyelamatkan barang barang yang retan rusak akibat air hujan secara saling membantu," urai AKP Agus.

Lanjut AKP Agus, Sekira Pukul. 20. 30 Wib, Personil Piket SPK T regu "A" Polsek Bandar Khalifah yakni Aipyu A. Tambunan(Ka SPK ), Aipda J. Girsang, Bripka Ahmad Arianto dan Brigadir A. Lubis, melakukan cek TKP dan membantu korban, setelah mendapat laporan dari satu warga masyarakat Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Seiserimah Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Sergai atas nama Wili Harianja bahwa adanya warga di Dusun Ampera, Desa Gelam Seiserimah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Sergai yang tertimpa musibah Bencana Alam Angin Puting Beliung.

"Atas musibah bencana angin puting beliung tersebut jerugian Materil ditaksir sebesar 

Rp. 60.000.000.- (enam puluh juta rupiah), yang terdiri dari 8 (delapan) rumah, untuk korban jiwa nihil," pungkas AKP Agus. (Naz)




Komentar

Berita Terkini