49 Orang Babinsa Personel Kodim 0117/Aceh Tamiang Ikut Pelatihan Pasukan Paskibraka

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI ke 78 tepatnya 17 Agustus 2023, sebanyak 79 orang anggota pasukan Paskibraka Kabupaten Aceh Tamiang secara Intensif mengikuti pelatihan dan pembinaan yang dipusatkan di Lapangan Tribun Belakang Kantor Bupati setempat.

Dikutip dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik (BPIP) Indonesia, bahwa Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, salah satu tugas Paskibraka adalah untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rahmad Purnamasidi, S.I.P, M. S.I, melalui Serma Firman Dinata salah satu pelatih pasukan Paskibraka Kabupaten Aceh Tamiang, Jum'at, (12/8/2023) sore.

Ia mengatakan bahwa, ke 79 orang anggota  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka secara intensif mengikuti pelatihan dan pembinaan, mereka nantinya yang akan ikut menjadi pasukan mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Dijelaskannya, dari 79 pasukan Paskibraka tersebut, terdiri dari 49 orang Babinsa personil TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang, 45 personil tergabung di pasukan 45 dan 4 personil menjadi pengawal pembawa baki Bendera Pusaka Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78.
Kemudian, 30 orang lainnya berasal dari siswa-siswi tingkat SLTA/SMA yang mewakili seluruh sekolah yang ada di kabupaten Aceh Tamiang.

Ke 30 orang siswa-siswi Pasukan Paskibraka tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi, kemudian mereka diberikan pelatihan dan pembinaan secara khusus dan intensif oleh empat orang tenaga pelatih yang terdiri dari 4 orang personil TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang dan 1 orang Polwan dari personil Polres Aceh Tamiang,

Selanjutnya, untuk Komandan Paskibraka langsung dari Batalyon 111/Raider Khusus Tualang Cut yakni Letda inf. Indrawan Nasution yang baru kembali dari penugasan Satgas Pamtas Statis RI-PNG.

Menurut Serma Firman, bahwa ke 49 orang Babinsa personil Kodim 0117/Aceh Tamiang yang menjadi anggota pasukan Paskibraka Kabupaten Aceh Tamiang, merupakan sejarah baru bagi Babinsa menjadi anggota pasukan Paskibraka.

Meskipun sudah berkecimpung di desa, namun jati dirinya sebagai prajurit tidak pudar dan mereka masih tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai seorang prajurit profesional.

Ia juga mengatakan, Pelatihan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kemimpinan serta keseragaman gerakan para anggota paskibra dalam menyongsong peran mereka pada kegiatan upacara bendera nanti.

Diharapkan anggota pasukan paskibraka benar-benar mempunyai daya tahan tubuh dan kekuatan fisik yang prima. Sehingga mampu melaksanakan tugas secara baik, fokus dan tanpa lelah saat bertugas mengibarkan bendera pusaka merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang, ungkap Serma Firman Dinata.
Komentar

Berita Terkini