Pemkab Madina Hibahkan Dana Pengamanan Pilkades

harianfikiransumut.com | Madina  - Dalam rangka mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) menggelontorkan dana hibah sebesar 3.5 Miliar yang diperuntukkan untuk pengamanan Kepolisian dan TNI.

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution, Kapolres Madina HM Reza CAS, dan Dandim 0212/TS di Ruang Kerja Bupati Madina, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Jumat (28/7/2023).

Turut menyaksikan penandatanganan MoU, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, Sekda Madina Alamulhaq Daulay, Asisten I Setdakab Madina Sahnan Pasaribu, Asisten II Setdakab Madina Syarifuddin, Asisten III Setdakab Madina Lismulyadi, dan Kadis PMD Mainul.

Pemkab Madina menghibahkan 2.4 M untuk Polres Madina dan 1.1 M untuk Kodim 0212/ Tapsel.

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution meminta kepada penegak hukum untuk membantu berjalannya pilkades dengan aman.

"Kami ucapkan terima kasih atas kesedian TNI/Polri untuk mengamankan pilkades," kata Sukhairi.

Sukhairi berharap dengan upaya dan komunikasi yang baik dengan masyarakat dapat memonitor dan meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Sukhairi juga meminta kerjasama antar PMD dan Forkopimda Madina untuk melaksanakan sosialisasi bersama calon kades.

Nantinya, kata Sukhairi, Polisi dan TNI memberikan pemahaman pentingnya keamanan. Juga memberikan pemahaman bahwa kalah menang itu biasa.

Menurutnya, jika diberi pemahaman, masyarakat akan berpikir untuk meminimalisir kerusuhan.

"Orang luar akan ngoceh melihat kita kalau kita ribut-ribut. Jadi kita harus dapat mendeteksi dini apa penyebabnya. Kita sampaikan komitmen untuk siap menang kalah," tagas Sukhairi.

Sukhairi berharap hibah yang diberikan dapat bermanfaat untuk keamanan dan kenyamanan pilkades Madina.

"Semoga ini (hibah) dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berjalannya pilkades nanti," katanya.

Sementara Kapolres Madina AKBP HM Reza CAS mengatakan akan melaporkan kegiatan tersebut ke Polda Sumut untuk mendapat persetujuan, arahan, dan bimbingan dalam menjalankan pengamanan.

Reza juga mengatakan setelah dilaporkan dan mendapat arahan, polres Madina akan mendapat bantuan dari personil Polda Sumut atau Polres terdekat.

"Nanti sesuai arahan Pak Kapolda, makanya kami akan menyampaikan ini kesan," lanjutnya.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution mengatakan akan menggunakan dana sesuai dengan yang  diajukan dan menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk pelaksanaan pilkades.

Amrizal juga mengatakan setelah penandatanganan Mou akan melapor tentang agenda tersebut untuk mempersiapkan jumlah personil yang akan dikerahkan.

"Pengamanan dari TNI/Polri sudah cukup untuk pengamanan. Tapi kita tetap berdoa agar pilkades berjalan lancar dan aman.
(Rahman Nasution).
Komentar

Berita Terkini