Dugaan Tangkap Lepas, Masa KNPI Geruduk Kantor BNN Kota Tebing Tinggi, Minta Kepala BNN di Copot

harianfikiramsumut.com I Tebing Tinggi-Puluhan Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tebing Tinggi geruduk Kantor BNN Kota Tebing Tinggi.

 Aksi Unjukrasa (Unras) tersebut dipicu atas dugaan adanya tangkap lepas terduga pelaku narkoba inisial AR yang diduga dilakukan oleh pihak BNN Kota Tebing Tinggi,  Rabu (12/7/23) di depan Kantor BNN Kota Tebing Tinggi, tepatnya Jalinsum, Prof. H.M. Yamin, Kecamatan Rambutan, Kelurahan Tanjuk Marulak Hilir, Kota setempat.

Aksi unjuk rasa yang di kordinir langsung oleh Ketua KNPI Kota Tebing Tinggi, Yusuf L Ginting S.H, Dalam Orasi yang disampaikan oleh Orator Aksi Ariono dan Pahrul Ridho, Meminta kepada Kepala BNNP, Kepala BNN Pusat dan Perisiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk mencopot kepala BNN Kota Tebing Tinggi saat ini dari jabatannya karena dianggap tidak serius dalam pemberantasan Narkoba di Kota Tebing Tinggi.

Meminta Lembaga Non Kementerian yang dalam hal ini adalah BNN Kota Tebing Tinggi dapat bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH), masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam pemberantasan Narkoba di Kota Tebing Tinggi.

Meminta APH dan BNNP untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kepala dan Oknum-Oknum BNN Kota Tebing Tinggi guna memberikan titik terang (transparansi) serta kepastian hukum terhadap peristiwa tangkap lepas yang terjadi.

Meminta DPRD Kota Tebing Tinggi untuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pemerintah kota, BNN Kota Tebing Tinggi, DPD KNPI Kota Tebing Tinggi dan pihak-pihak terkait dalam waktu yang secepat-cepatnya.

Mendukung masyarakat Kota Tebing Tinggi terus mengawasi, laporan, hal-hal yang patut diduga hal tersebut merupakan tindak pidana peredaran narkoba kepada pihak yang berwenang.

Sebut selebaran surat yang dibagikan pihak  KNPI di depan Kantor BNN Kota Tebing Tinggi.

Aksi unjuk rasa sempat memanas dikarenakan Kepala BNN Kota Tebing Tinggi tidak ada ditempat saat unjuk rasa berlangsung.

Merespon situasi tersebut  Staf BNN Kota Tebing Tinggi, Muhammad Awaluddin Damanik,S,ST, menyambut para pengunjuk rasa, "saya mewakili bapak kepala, bapak kepala tidak ada ditempat dikarenakan waktu yang bersamaan adanya agenda pemusnahan dikejaksaa," ungkap Awaluddin.

Kemudian sambungnya, adanya sosialisasi P4GN di sekolah, jadi bukan tidak bapak itu menghindar. Intinya bapak itu menanggapi apa yang di maksud dari KNPI, Pemuda, LSM, Masyarakat, pada perinsipnya kami terima.

"Untuk masalah pemberantasan yang di penangkapan bisa kami ceritakan keronologisnya, bahkan tidak bisa dijalan begini," tutup Awaluddin.

Sementara  Awaluddin saat diwawancarai wartawan di lokasi menuturkan, membenarkan adanya tangkapan tersebut, "Memang ada tangkapan untuk lebih jelasnya nanti ada yang menjelaskan dari kasi pemberantasan, gitu saja dari saya makasih ya," ungkap Awaluddin.

Aksi unjukrasa pun dilanjutkan KNPI kedepan Kantor DPRD Kota Tebing Tinggi yang disambut langsung oleh Aggota DPRD Kota Tebing Tinggi, Joner Sitijak ,Sekertaris Dewan (Sekwan) Saat Nasution.

Hingga berakhirnya unras berjalan aman dan lanjar dengan pengawalan dari petugas Polres Tebing Tinggi.

Terpisah, Usai Unras, Ketua KNPI Kota Tebing Tinggi, Yusuf L, Ginting, menuturkan Aksi Unjukrasa tersebut disebabkan adanya dugaan tangkap lepas yang disiyalir dilakukan oleh pihak BNN Kota Tebing Tinggi, "kita mempunya alat bukti vidio yang kita terima dari masyarakat, berdasar vidio tersebutlah kami mempertanyakan hal tersebut atas vidio tersebut." Ucapnya kepada harianfikiransumut.com, dikantor KNPI Kota Tebing Tinggi.

Disebutkan Yususuf, Oknum yang diduga ditangkap lepas BNN Kota Tebing Tinggi  berinisial AR. "inisial  AR TKP nya di Jalan Merpati, Kecamatan Bajenis," sebutnya.

Dijelaskan Yusuf, sebelumnya kemaren kami beberapa hari yang lalu mencoba menjumpai kepala BNN Kota Tebing Tinggi, saat saya mencoba komunikasi dengan beliau ( Kepala BNN) via WhatsAap beliau tidak ada tanggapan. Sehingga tanggapan dari kawan-kawan di KNPI untuk melakukan aksi unjukrasa damai.

Yusuf pun merasa kecewa atas ketidak hadiran Kepala BNN Kota Tebing Tinggi dalam aksi Unras damai di Kantor BNN Kota Tebing Tinggi, Harapan kami, "kita harus copot kepala BNN Kota Tebing Tinggi, kita nanti akan menyurati Kepala DPRD Kota Tebing Tinggi untuk rapat dengar pendapat terhadap Kepala BNN Kota Tebing Tinggi tersebut," tutup yusuf.(Naz)

Keterangan Foto : Masa KNPI Kota Tebing Tinggi berbaur dengan masyarakat saat berorasi di depan Kantor BNN Kota Tebing Tinggi (atas), Masa KNPI saat bertolak di ke depan Kantor DPRD Kota Tebing Tinggi dan menyampaikan orasinya.
Komentar

Berita Terkini