TBM Tak Terawat, Asisten afdl II Unit Balimbingan Bungkam .

harianfikiransumut.com / Simalungun - Pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM) adalah untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam dan berproduksi tinggi. 

Manfaat pemeliharaan TBM mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif tanaman sawit sebagai penunjang pertumbuhan generatif yang berproduksi tinggi.

Namun dalam hal pemeliharaan TBM I di PTPN IV unit Balimbingan tepat nya Afdl II kecamatan Tanah Jawa,Simalungun . sepertinya tidak memenuhi SOP yang ada, karena saat tim media langsung ke lapangan (Sabtu 29/04/2023), mendapati banyak tanaman kelapa sawit yang daunnya menguning dan di jalari rumput serta mocuna. 

Terlebih piringan yang semak, menjadikan keadaan tanaman sawit di areal itu membuat sebagian tanaman menjadi kerdil, dan sepertinya penyaluran pupuk jenis janjangan kosong atau jangkos pun belum di lakukan, bisa di duga pihak manajemen unit Balimbingan bekerja sama dengan vendor TBM untuk menyunat anggaran yang telah di gelontorkan pusat. 


Tidak mendapat keterangan dari asisten afdl II unit Balimbingan  saat di hubungi lewat pesan whatsapp (29/04/23),tim media mencoba menghubungi pihak askep yakni bapak Fery Saragih melalui pesan singkat whatsapp,dan beliau minta agar kami/tim media mencoba konfirmasi asisten kembali. Namun setelah di lakukan komunikasi kembali, namun tidak mendapat jawaban. 

Sebelumnya pada hari yang sama tepatnya pada pukul 08.30 tim media telah menelusuri areal TBM dan saat melakukan penelusuran diareal lapangan TBM afdeling 2 kru media ini juga menyempatkan diri menyambangi salah seorang warga berinisial S yang sedang menyabit rumput diareal kelapa sawit  untuk pakan ternaknya dan ketika ditanya tentang areal afd 2 ini iya membenarkan "ini afdeling 2 bang, kondisinya memang semak gini, karena semak dan banyak rumputnya makanya sebagian kami mengambil rumput disini untuk pakan ternak kami " imbuhnya. 

Karena pihak Pak Damanik selaku asisten afdl II tetap bungkam. Tim media langsung mengirim temuan ini ke  Redaksi fikiransumut.com, agar bisa di ketahui oleh pihak pimpinan PTPN IV pusat medan. (Wares)
Komentar

Berita Terkini