Kadis Dukcapil Deli Serdang beraudiensi dengan Dirjen Dukcapil Kemendagriyang baru

harianfikiransumut.com | Jakarta-
Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Deli Serdang, Drs H Misran Sihaloho MSi didampingi Kepala Bidang (Kabid), PIAK Amos Ginting dan Kabid PDIP, Akhmad Yan Darmawan, beraudiensi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang baru, Dr Drs H Setyabudi MPd, Sabtu (15/4/2023).

Saat audiensi, Dr Drs H Setyabudi MPd didampingi Direktur Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, Drs Akhmad Sudirman Tapiviyono MM MA, Direktur Pendaftaran Penduduk, Dr Ir David Yama MSc MA, serta Penjabat Kadis Dukcapil Sumatera Utara, Walter Malau.

Audiensi bertujuan untuk melaporkan perkembangan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Deli Serdang, khususnya pelaksanaan Program Dukcapil Go To School, Program Sadoku, Program Pelayanan Adminduk pada berbagai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada penduduk Deli Serdang. 

Pada kesempatan itu, Dirjen Dukcapil mengatakan target kinerja yang harus segera ditindaklanjuti adalah pemenuhan target 10 Program Levelisasi Dukcapil sesuai Perjanjian Kinerja yang harus dicapai untuk tahun 2023.

Di mana Deli Serdang masih banyak ketertinggalan, khususnya tentang Identitas Kependudukan Digital (IKD) harus dicapai 25 persen dari jumlah penduduk yang telah mempunyai E-KTP, 75 persen dari jumlah desa dan kelurahan yang ada harus mempunyai Buku Pokok Pemakaman, 50 persen dari jumlah anak di bawah usia 17 tahun harus mempunyai Kartu Identitas Anak (KIA), 98 persen dari anak usia di bawah 17 tahun harus mempunyai Akta Kelahiran.

Untuk itu, Ditjendukcapil bersedia datang dalam mengejar ketertinggalan tersebut, khususnya IKD guna melaksanakan Program Dukcapil Go To Kampus pada kampus di Deli Serdang, yaitu Unimed dan UINSU, tentu dengan melibatkan Dukcapil Provinsi Sumut dan kabupaten/kota terdekat.(Rom)
Komentar

Berita Terkini