H Khoirum Rijal ST MAP membuka Rapat Koordinasi Daerah

harianfikiransumut.com | Deli Serdang-
Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, H Khoirum Rijal ST MAP membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda),Persiapan Forum Konsultasi Publik Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan Sensus Pertanian 2023 di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Jumat (14/4/2023).

Dalam sambutannya, Asisten II mengemukakan, apda tahun 2022 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan pendataan awal Regsosek. Pendataan awal tersebut bertujuan untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk penduduk serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Hasil pendataan awal akan membagi keluarga menjadi empat kelompok, yaitu sangat miskin, miskin, rentan miskin, dan tidak miskin. 

Untuk memperkuat pendataan tersebut, tentunya melibatkan masyarakat melalui forum konsultasi publik (FKP).

Forum tersebut membuka ruang diskusi bagi masyarakat untuk berpartisipasi dengan mengedepankan musyawarah mufakat dan kegiatan ini dipandu fasilitator (kepala desa/lurah), dua orang asisten fasilitator dan satu administrator.

Peserta FKP lainnya adalah para kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua lembaga desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di setiap desa akan dilakukan minimal I kali FKP.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sangat memerlukan hasil pendataan registrasi sosial ekonomi yang berkualitas, karena hal ini akan mempermudah usaha pemerintah daerah dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Deli Serdang. Karenanya, saya meminta para camat untuk membantu petugas  FKP Regsosek dalam menjalankan tugasnya dan memberikan dukungan fasilitas sarana dan prasarana Kecamatan dan desa/kelurahan untuk menyelenggarakan FKP Regsosek," tegas Asisten II.(Rom)
Komentar

Berita Terkini