APK PTPN3 Kebun Silau Dunia : "Penebangan 2 Pohon Mahoni Bukanlah Illegal login"

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi-Menanggapi pemberitaan di salah satu media online yang berseleweran dan menyebutkan diduga PTPN3 Kebun Silau Dunia melakukan illegal login, terkait  penebangan Dua Pohon Mahoni yang berlokasi di Afdeling I Kebun Silau Dunia beberapa waktu lalu.

Pihak Manajemen PTPN3 Kebun Silau Dunia melalui Asisten Personalia Kebun (APK) Silau Dunia Juliadi Perlindungan Silalahi mengatakan, bahwa penebangan 2 (dua) pohon mahoni yang dilakukan di areal Afdeling I Kebun Silau Dunia tersebut dilakukan diwilayah HGU Kebun Silau Dunia bukan wilayah kehutanan. Ungakap APK kepada wartawan, Selasa (4/3/23) saat temu PERS di Kantor Kebun Silau Dunia.

APK menjelaskan perihal penggunaan istilah kalimat ilegal loging pada penebangan Dua Pohon Mahoni tersebut tidaklah tepat.

illegal loging ini dipergunakan dalam Undang-Undang Kehutanan dan juga istilah ini dipergunakan ketika adanya peristiwa perambahan hutan dikawasan hutan yang dilindungi hal ini sangat berbeda dengan kenyataannya.

" Apa yang dilakukan Manajemen Kebun Silau Dunia dengan menebang 2 (dua) pohon Mahoni tersebut bukanlah illegal loging," tegas Apk.

Memang dalam melakukan penumbangan tersebut, Sambung Apk, ada hal-hal yang dipersyaratkan yang sifatnya pemberitahuan, adanya pengajuan dari Afdeling terkait adanya penumbangan.

Dalam hal ini ditindaklanjuti kesepakatan, yakni adanya penumbangan yang tertuang dalam notulen rapat yaitu rapat evaluasi kinerja Kebun Silau Dunia, selain itu juga bagian tanaman kantor Direksi Medan, untuk pemberitahuan, dan pada intinya Pohon Mahoni tersebut merupakan pohon yang ditanam oleh Kebun Silau Dunia.

Namun pada perjalanannya pohon tersebut menimbulkan resiko oleh karena cabang dan perdaunan menaungi badan jalan menyebabkan kondisi jalan rusak sehingga menggangu aktifitas pengangkutan produksi, karena armada sulit untuk melintas di jalan rusak tersebut.

"Bahan/kayu penumbangan pohon mahoni tersebut akan digunakan untuk membuat mimbar Mesjid Kebun Silau Dunia, partisi Gereja dan kebutuhan Perusahaan lainnya. Dengan demikian pemberitaan sebelumnya yang menyatakan adanya telah terjadi illegal loging adalah tidak benar sama sekali pemberitaan tidak mencerminkan wawasan yang cerdas sehingga menimbulkan kerugian bagi Manajemen kebun Silau Dunia dan hal ini semestinya tidak terjadi," sebut Apk.

Apk berharap, kedepan kiranya dalam membuat berita memberikan informasi yang cerdas dan memilik dasar yang akurat. Tutup Juliadi Perlindungan Silalahi. (Nazli)


Komentar

Berita Terkini