Wabup Deli Serdang menghadiri Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

harianfikiransumut.com | Medan-
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 di Ballroom Santika Dyandra Hotel Medan, Rabu (8/2/2023).

"Kami menyampaikan data, khususnya di Sumatera Utara, pertama bagaimana peningkatan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana serta kesehatan reproduksi itu menjadi bagian penting agenda menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Kedua, percepatan penurunan stunting melalui peningkatan kualitas dan cakupan intervensi spesifik," jelas Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Drs Tavip Agus Rayanto MSi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H Musa Rajekhshah mengungkapkan ada sembilan kabupaten/kota di Sumut yang angka stuntingnya meningkat. Bahkan, lima di antaranya di atas 30 persen.

Namun, sebut Wagubsu, berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, Sumut berhasil menurunkan angka prevalensi stunting sebesar 4,7 persen menjadi 21,1 persen dari sebelumnya 25,8 persen.

"Mudah-mudahan untuk tahun 2023, angka 18 persen bisa tercapai dan 2024 bisa turun 14 persen. Bahkan mungkin bisa di bawah itu," harap Wagub.

Mendampingi Wabup di acara itu, Kepala Bappedalitbang, Dr Ir Remus Hasiholan Pardede MSi dan Kepala Dinas P2KBP3A, Era Permata Sari SH MM.(Rom)
Komentar

Berita Terkini