Umat Budha Se-Kota Tebing Tinggi Gelar Kegiatan Menyambut Dewa Dan Dewi

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi-Umat Budha se-Kota Tebing Tinggi melaksanakan kegiatan Tradisi Menyambut Dewa dan Dewi Turun Dari Langit , Rabu ( 25 /1/ 23 ) malam, di Kelenteng Jiu Li Dong Jalan Sudirman no.193 Kota Tebing Tinggi.

Pengurus dan penanggung jawab kelenteng Jiu Li Dong Kota Tebing Tinggi Ayung mengatakan, "bahwa tradisi umat Budha menyambut dewa dan dewi turun dari langit, selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan tradisi ini dilaksanakan dengan melakukan sembahyang, membakar alat alat sembahyang yang lama, membersihan Klenteng, dan dirangkai dengan pertunjukan Barongsai dan menyalakan kembang api," ungkapnya.

Sebagai juru kunci dalam menyambut dewa dan dewi turun dari langit oleh umat Buddha yaikni Sin Su berasal dari Kota Medan.sekitar 10 Barongsai turun aksi dalam kegiatan ini, Sebut Ayung.

Dalam kegiatan ini, Kurang lebih sebanyak 500 (lima ratus) orang ummat Budha dari Kota Medan dan Kota Tebing Tinggi mengikuti kegiatan itu, sejumlah warga tebing tinggi turut menyaksikan kegiatan yang digelar hanya satu tahun sekali tersebut dengan antusias, kegitan malam itu tidak melakukan arak-arakan dengan turun kejalan sabagai mana tahun-tahun sebelumnya dan kegitan tersebut hanya dilakukan di di Kelenteng Jiu Li Dong Kota Tebing Tinggi dengan pengawalan Personil Polres Tebing Tinggi. Sambungnya.

Dijelaskan Ayung, Kegiatan Tradisi Umat Budha Menyambut Dewa dan Dewi Turun dari Langit di sambut dengan Kembang Api / Petasan dan Pertunjukan Barongsai hal tersebut menandakan bahwa Para dewa dan dewi turun dari istana langit ke dunia setelah selesai membuat laporan tahunan tentang perilaku baik buruknya suatu keluarga di bumi ke hadapan Raja Langit, tutupnya.(Nazli)




Komentar

Berita Terkini